PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING (CLL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KALAM SISWA KELAS VIII DI MTsN PRAMBANAN KLATEN

YUNARTI - NIM: 04420882, (2009) PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING (CLL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KALAM SISWA KELAS VIII DI MTsN PRAMBANAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING (CLL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KALAM SISWA KELAS VIII DI MTsN PRAMBANAN KLATEN)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING (CLL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KALAM SISWA KELAS VIII DI MTsN PRAMBANAN KLATEN)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab khususnya di MTsN Prambanan Klaten belum terlalu maksimal, hal ini dipengaruhi oleh latar belakang para siswanya yang sebagian besar dari SD umum sehingga mereka tidak mempunyai bekal untuk belajar bahasa Arab serta metode pengajaran yang digunakan masih bersifat tradisional dan kurang memahami kebutuhan siswa, selain itu pembelajaran bahasa Arab masih berpusat pada guru, sedangkan siswa hanya dipandang pasif dan penurut, apabila mereka membuat kesalahan maka, mereka akan mendapat hukuman yang membuat siswa takut dan tegang dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentunya dibutuhkan pendekatan dan metode yang mampu membuat siswa merasa tertarik dan tertantang untuk mempelajari bahasa Arab dan membuat mereka merasa dihargai. Metode community language learning adalah salah satu metode pembelajaran yang menurut peneliti cukup efektif dalam peningkatan kemampuan berbahasa Arab bagi para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara pengajaran keterampilan al-kalam siswa yang menggunakan metode community language learning dan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode tersebut. Sampel penelitian diambil dari seluruh siswa kelas VIII MTsN Prambanan Klaten yang berjumlah 189 siswa. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive cluster random sampling, sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen dan VIIIC sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, metode observasi dan metode test. Analisis instrument menggunakan uji validitas soal dan uji realibilitas. Untuk uji prasyarat data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis data menggunakan uji “t†tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hal ini dibuktikan dari hasil post tes masing-masing kelompok. Kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 28,872, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata 26,297. Apabila dilihat dari skor rata-rata peningkatan pengajaran al-kala m, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi sebesar 3.103, sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 1.595. Melihat perbedaan skor rata-rata masing-masing kelompok menunjukkan bahwa metode community language learning lebih efektif untuk meningkatkan pengajaran keterampilan al-kalam siswa kelas VIIID MTsN Prambanan Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : DR. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Community Language Learning, Pembelajaran, Keterampilan, Kalam, Siswa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 Mar 2013 08:59
Last Modified: 04 Apr 2017 03:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item