DINAMIKA KEBIJAKAN MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAN IMPLIKASINYA DI MAN YOGYAKARTA I

NURHADI YASIN, SPDI, NIM. 1420410152 (2017) DINAMIKA KEBIJAKAN MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAN IMPLIKASINYA DI MAN YOGYAKARTA I. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KEBIJAKAN MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAN IMPLIKASINYA DI MAN YOGYAKARTA I)
1420410152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KEBIJAKAN MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAN IMPLIKASINYA DI MAN YOGYAKARTA I)
1420410152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurhadi yasin, S.Pd.I., 2016. Dinamaika Kebijakan Madrasah Aliyah Program Keagamaan dan Implikasinya di MAN Yogyakarta I.Tesis. Program Studi Pendidikan Islam, Konsentarsi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam Program Pascarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Madrasah merupakan lembaga keagamaan warisan dari peradaban islam yang mengalami perubahan-perubahan dalam perjalanannya. Hingga di Indonesia madrasah mengalami delima dengan menjadi sekolah yang berciri khas agama Islam. Walaupun mengalami perubahan sedemikian namun nilai keagamaan masih tetap dipertahankan bahkan dijadikan salah satu program keagamaan dalam madrasah. Menjadinya salah satu program keagamaan dalam madrasah, nampaknya tidak mudah, bahkan sempat mengalami beberapa kali perubahan kebijakan yang menuntut adanya beberapa perubahan.Dalam hal ini, yang menjadi acuan adalah kebijakan madrasah keagamaan. Dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui kebijakan terkait perubahan kebijakan Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK).(2)Untuk mengetahui dinamika kebijakan Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK). (3)Untuk mengetahui implikasi dinamika program keagamaan di MAN I Yogyakarta. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kebijakan (policy research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam analisis data, data yang dikumpulkan terlebih dahulu adalah data observasi, data wawancara, dan data dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dirangkum dan disusun sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi yaitu menguji valid tidaknya data melalui pengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa : (1) kebijakan yang terkait dengan Madrasah Aliyah Program Keagamaan yaitu undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri pendidikan dan kebudyaan, keputuasan menteri agama, peraturan menteri agama, dan keputusan bersama. (2) dinamika kebijakan madrasah aliyah program kegamaan bermula dari pilot projek dari menteri Munawir Sadzali dengan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK), Madrsah Aliyah Keagamaan (MAK), Program Studi Agama, dan Program Ilmu-Ilmu Keagamaan. (3)Implikasi dinamika kebijakan madrasah aliyah program keagamaan di MAN Yogyakarta I, berdampak pada kualitas input (siswa) yang menurun sehingga kualitas siswa juga menurun, berlanjut pada nilai-nilai pembelajaran siswa yang juga menurun, dan berakibat pula menurunnya peminat peserta didik untuk masuk ke program keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: kebijakan pendidikan islam, madrasah aliyah program keagamaan,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 10:35
Last Modified: 15 Mar 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum