ANALISIS PERKEMBANGAN KOMUNIKABILITAS ANAK BERDASARKAN POLA ASUH IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA (STUDI KOMPARATIF PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA)

ADE PUTRA HAYAT, SPDI, NIM. 1420410166 (2017) ANALISIS PERKEMBANGAN KOMUNIKABILITAS ANAK BERDASARKAN POLA ASUH IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA (STUDI KOMPARATIF PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERKEMBANGAN KOMUNIKABILITAS ANAK BERDASARKAN POLA ASUH IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA (STUDI KOMPARATIF PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA))
1420410166_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERKEMBANGAN KOMUNIKABILITAS ANAK BERDASARKAN POLA ASUH IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA (STUDI KOMPARATIF PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA))
1420410166_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perkembangan komunikabilitas anak pada usia 3-5 tahun yang dianalisis berdasarkan aspek pola asuh dari ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Dengan tujuan ingin mengetahui perbedaan perkembangan komunikabilitas anak usia 3-5 tahun yang dipengaruhi dari perbedaan penggunaan bentuk pola asuh yang digunakan oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Dalam teori perkembangan anak, bahwa perkembangan komunikabilitas anak merupakan perkembangan yang sangat fundamental, sehingga akan mempengaruhi perkembangan kepribadian, emosional, dan kecerdasan anak. Salah satu faktor yang paling utama dalam menghambat perkembangan komunikabilitas anak adalah kurangnya dorongan dari kedua orang tua. Sementara dalam penggunaan bentuk pola asuh dalam keluarga, Diana Baurind menyakini bahwa orang tua akan menggunakan salah satu dari tiga bentuk pola asuh yakni Authoritarian style (gaya otoriter), Permissive style (gaya membiarkan), Authoritative style (gaya demokratis). Kajian penelitian ini merupakan kajian fenomenology yang menggunakan pendekatan filsafat Positivisme Comte dengan melalui pandangan dari aliran Positif-Aktif, yakni sebuah keyakinan bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia akan dipengaruhi oleh faktor hereditas dan factor lingkungan. Sementara analsis dalam penelitian ini menggunakan teknik degan metode kombinasi (mixed methods), yakni menggunakan dua metode secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian. Dari hasil analisis dengan menggunakan metode kuantitatif dari uji One Way Anova diperoleh nilai significancy p = 0,001, sehingga mendapat kesimpulan bahwa "terdapat perbedaan yang signifikan antara komunikabilitas anak umur 3-5 tahun dari pola asuh ibu bekerja dengan komunikabilitas anak umur 3-5 tahun dari pola asuh ibu tidak bekerja di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta", dimana anak usia 3-5 tahun dari pola asuh ibu tidak bekerja sangat komunikatif, sementara anak usia 3-5 dari pola asuh ibu bekerja hanya komunikatif. Kemudian dari hasil analisis menggunakan metode kualitatif ditemukan perbedaan persepsi yang beragam dari ibu bekerja dan ibu tidak bekerja mengenai pola pengasuhan orang tua dalam keluarga, yang diketahui melalui dua indikator yakni indicator of loyality dan indicator of integrity. Sementara perkembangan komunikabilitas anak dalam keluarga senantiasa akan dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal, yang merupakan faktor dari pola pengasuhan dalam keluarga, serta dari dalam diri anak sendiri; dan faktor eksternal, yang merupakan faktor dari lingkungan masyarakat dan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Analisis, Perkembangan Komunikabilitas Anak, Pola Asuh Ibu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 10:44
Last Modified: 15 Mar 2017 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum