PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU “DOMIRA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 PEMALANG

ZHUL FAHMY HASANI S PD, NIM. 1420411038 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU “DOMIRA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 PEMALANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU “DOMIRA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 PEMALANG)
1420411038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU “DOMIRA” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 PEMALANG)
1420411038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Zhul Fahmy Hasani: Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kartu "Domira" Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Pemalang. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017 Pendidikan dan pengajaran bahasa Arab perlu dicarikan formulasi yang sesuai dan tepat, terutama yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran saat ini, yang dirasa masih kurang media yang mendukung pembelajaran bahasa Arab, dari hal tersebut penulis tertarik secara nyata melakukan penelitian ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dan tepat dalam membantu pengembangan potensi siswa dalam belajar bahasa Arab untuk siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 02 Pemalang, dilihat dari segi hasil validasi ahli media, ahli materi serta respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran kartu domira yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan (2) desain pembelajaran (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) uji respon (6) revisi (7) produk final. Proses validasi dilakukan oleh satu ahli media dan ahli materi, subjek penelitian adalah guru bahasa Arab kelas VI dan siswa kelas VI. Data di peroleh dari angket untuk ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan pada aspek pembelajaran, aspek media, dan aspek materi, kemudian data di analisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian menunjukan bahwa penilaian ahli media terhadap kelayakan media kartu domira dari aspek tampilan dengan rata-rata skor 4,57 dengan kategori sangat baik dan aspek penggunaan dengan skor 5,0 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli materi terhadap kelayakan media domira pada aspek materi dengan rata-rata 4,42 yang termasuk kategori sangat baik, sedangkan pada aspek pembelajaran dengan nilai 4,37 dengan kategori sangat baik. Hasil respon guru terhadap media pembelajaran kartu domira ini sangat positif yaitu: aspek materi rata-rata skor 4,00 dengan kategori baik, pada aspek pembelajaran rata-rata skor 3,93 dengan kategori baik, aspek tampilan 3,85 dengan kategori baik, kemudian pada aspek penggunaan dengan rata-rata skor 4,08 dengan kategori baik. Hasil respon siswa menunjukan bahwa media kartu domira memudahkan mereka dalam belajar bahasa Arab khususnya pada peningkatan kosakata, secara keseluruhan media yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi siswa dan gairah belajar bagi siswa. Media kartu domira memungkinkan siswa atau peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya. Juga memungkinkan dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya. Peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran kartu domira yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media, Kartu Domira, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 14:45
Last Modified: 15 Mar 2017 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum