SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME (STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL)

SYAMSUL HADI, SPDI, NIM. 1420411071 (2017) SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME (STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME (STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL))
1420411071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME (STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL))
1420411071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada hakekatnya, tujuan utama pembelajaran bahasa adalah memfungsikan keempat kemahiran sebagai alat komunikasi, baik lisan maupun tulisan. MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak merupakan madrasah yang di dalamnya mengajarkan keempat kemahiran berbahasa tersebut. Mayoritas pembelajaran bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah masih menggunakan metode pengajaran klasik. Dengan karakteristik utamanya adalah pembelajar kurang aktif. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan teori-teori pembelajaran bahasa modern seperti konstruktivisme. Teori ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk dapat aktif dalam pembelajaran. Dengan teori belajar ini, siswa akan mampu mengkonstruk pengalaman maupun pengetahuannya dengan bimbingan guru. Berawal dari pengetahuan penulis mengenai sistem pembelajaran bahasa dan teori belajar konstruktivisme, penulis tertarik untuk mengkaji sistem pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul perspektif konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Sistem pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul, 2) Proses pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul perspektif Konstruktivisme, 3) Persamaan dan perbedaan pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul, 4) Hambatan dan solusinya dalam pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi pembelajaran, wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul serta dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa sistem dan praktik pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dengan perspektif konstruktivisme sudah dipraktikkan pada masing-masing kemahiran bahasa Arab. Namun pada proses pembelajaran kemahiran bahasa Arab terdapat beberapa kendala, diantaranya adalah SDM siswa dalam hal membaca dan menulis bahasa Arab kurang. Selain itu belum dimaksimalkannya penggunaan media pembelajaran yang ada. Kendala tersebut dapat diatasi dengan ekstrakurikuler membaca al-Qur‟an yang dilaksanakan setiap hari jum‟at siang. Adapun terkait pengoptimalan penggunaan media pembelajaran, dari pihak guru akan lebih berusaha giat lagi dalam pengadaan media pembelajaran. Adapun praktik pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs Al Falaah Pandak Bantul berlangsung dengan baik. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran adalah daya serap siswa dan fasilitas pembelajaran, termasuk media pembelajaran yang kurang. Untuk menanggulangi hal tersebut guru bahasa Arab memberikan tugas tidak terstruktur kepada siswa tertentu yang memang dianggap kurang dalam daya serap pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sistem, Kemahiran bahasa Arab, Konstruktivisme
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Mar 2017 14:53
Last Modified: 15 Mar 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum