ASPEK RELIGIUSITAS DALAM PROGRAM MY TRIP MY ADVENTURE (STUDI SEMIOTIK ROLAND BARTHES EPISODE 31 JANUARI DAN 5 FEBRUARI 2016)

NISA NUR MAULANI, NIM. 13210005 (2017) ASPEK RELIGIUSITAS DALAM PROGRAM MY TRIP MY ADVENTURE (STUDI SEMIOTIK ROLAND BARTHES EPISODE 31 JANUARI DAN 5 FEBRUARI 2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK RELIGIUSITAS DALAM PROGRAM MY TRIP MY ADVENTURE (STUDI SEMIOTIK ROLAND BARTHES EPISODE 31 JANUARI DAN 5 FEBRUARI 2016))
13210005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ASPEK RELIGIUSITAS DALAM PROGRAM MY TRIP MY ADVENTURE (STUDI SEMIOTIK ROLAND BARTHES EPISODE 31 JANUARI DAN 5 FEBRUARI 2016))
13210005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran televisi dalam kehidupan manusia tentu menimbulkan berbagai dampak positif maupun dampak negatif. Namun demikian, pengaruh yang dihasilkan oleh televisi tentu bergantung kepada penonton tayangan tersebut. Penelitian ini mengangkat tentang “Aspek Religiusitas dalam Program My Trip My Adventure” pada episode 31 Januari 2016 dengan tema “Surga Alam Lumajang” dan episode 5 Februari 2016 dengan tema “Petualangan Seru Ria Ricis Bersama Kakak Ganteng”. Peneliti ingin menemukan dan memahami aspek religiusitas yang terkandung dalam dua episode My Trip My Adventure tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru dalam dunia pertelevisian bahwa sebuah program televisi kategori non religi khususnya travelling show, dapat disisipi dengan unsur-unsur religiusitas di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Roland Barthes. Analisis terhadap tayangan ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang ditinjau dari unsur-unsur adegan pada tiap segmen sebagai acuan pengolah data. Selain itu, hasil dari wawancara yang dilakukan terhadap eksekutif produser program My Trip My Adventure ditampilkan sebagai penguat data yang dihasilkan dari analisis. Religiusitas dalam penelitian ini terdiri dari 5 dimensi keagamaan. Kelima dimensi tersebut memiliki indikator-indikator yang digunakan sebagai acuan dalam menganalisis. Indikator dari dimensi keyakinan adalah teologi, akidah, kepercayaan, doktrin agama. Indikator dari dimensi praktik agama adalah perilaku pemujaan, ketaatan, ritual, praktik-praktik suci. Indikator dari dimensi pengalaman adalah pengalaman keagamaan, perasaan-perasaan, persepsi-persepsi, esensi ketuhanan, ketakjuban. Indikator dari dimensi pengetahuan agama adalah pengetahuan dasar keyakinan, ajaran kitab suci, tradisi-tradisi. Dan indikator dari dimensi pengamalan dan konsekuensi adalah akibat dari pengetahuan agama, rasa syukur, dan pengetahuan yang terus bertambah. Dari penelitian ini diketahui bahwa dalam program My Trip My Adventure episode 31 Januari dan 5 Februari 2016, menampilkan 27 adegan yang mengandung aspek religiusitas. Aspek religiusitas tersebut yakni yang tercermin pada dimensi praktik agama 6 adegan, dimensi pengalaman 7 adegan, dimensi pengetahuan agama 8 adegan, dimensi pengamalan dan konsekuensi 6 adegan, sementara dimensi keyakinan 0 adegan karena tak ditemukan religiusitas yang mengacu pada indikator dimensi Keyakinan. Dengan demikian dimensi yang paling dominan adalah dimeksi pengetahuan agama dan yang paling minim adalah dimensi keyakinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si, M.A,PhD.,
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, My Trip My Adventure, Semiotik, Visual
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Mar 2017 14:52
Last Modified: 15 Mar 2017 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum