STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI DISKRIPTIF KUALITATIF TENTANG STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO)

NA’IMATUL FAIDAH, NIM. 12210102 (2017) STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI DISKRIPTIF KUALITATIF TENTANG STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI DISKRIPTIF KUALITATIF TENTANG STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO))
12210102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI DISKRIPTIF KUALITATIF TENTANG STRATEGI PROMOSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN WONOSOBO))
12210102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Wonosobo merupakan kota yang memiliki banyak potensi wisata religi yang belum di kembangkan dengan maksimal dan belum dikenal masyarakat luas. Diantaranya yaitu objek wisata religi makam Syekh Abdullah Qothbudin dan makam Ki Ageng Wonosobo, terkait hal tersebut Pemerintah Daerah melalui Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo berupaya melakukan pengembangan dan mepromosikan wisata religi agar dapat dikenal masyarakat luas. Promosi memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata, karena promosi berkaitan dengan usaha dalam mengkomunikasikan potensi wisata kepada target audien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo dalam upaya mengangkat potensi wisata religi di Kabupaten Wonosobo. Teori yang digunakan adalan teori Integrated Marketing Communication (IMC). Metode penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Informan penelitian utama Kasi Promosi dan Kemitraan, dan Kasi Pengembangan Sarana Prasarana dan Destinasi Wisata. Penelitian dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo menggunakan tahapan-tahapan dalam melakukan strategi promosi, antara lain mengidentifikasi target audiens, penentuan tujuan promosi kepariwisataan, merancang pesan, menentukan jumlah anggaran promosi, memilih media promosi, mengukur hasil-hasil promosi dan mengelola dan mengordinasi proses komunikasi. Media promosi yang digunakan yaitu periklanan (Advertising), penjualan pribadi (Personal selling), promosi penjualan (Sales Promosi), hubungan masyarakat (Publik relation), dan informasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Berdasarkan media promosi yang digunakan tersebut dapat disimpulkan bahwa Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo menggunakan gabungan dari strategi dorong (Push Strategy) dan strategi tarik (Pull Strategy) secara bersamaan. Strategi dorong diindikasi melalui penggunaan media promosi berupa penjualan pribadi dan promosi penjualan. Sedangkan strategi tarik diindikasi melalui media promosi periklanan, hubungan masyarakat dan informasi dari mulut ke mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Akhmad Rifa’i, M.phil
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Wisata Religi, Strategi Tarik, Strategi Dorong
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Mar 2017 10:00
Last Modified: 16 Mar 2017 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum