NAMIMAH (ADU DOMBA) DALAM PROGRAM TALKSHOW RUMPI NO SECRET DI TRANS TV 8 DAN 9 MEI 2015 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA)

AYU NUR AFIANTI, NIM. 12210023 (2017) NAMIMAH (ADU DOMBA) DALAM PROGRAM TALKSHOW RUMPI NO SECRET DI TRANS TV 8 DAN 9 MEI 2015 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NAMIMAH (ADU DOMBA) DALAM PROGRAM TALKSHOW RUMPI NO SECRET DI TRANS TV 8 DAN 9 MEI 2015 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA))
12210023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NAMIMAH (ADU DOMBA) DALAM PROGRAM TALKSHOW RUMPI NO SECRET DI TRANS TV 8 DAN 9 MEI 2015 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA))
12210023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat talkshow televisi sebagai bahan penelitian. Talkshow yang dianalisis adalah talkshow Rumpi No Secret. Penelitian ini menganilisis dua tayangan talkshow Rumpi No Secret 8 dan 9 Mei 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena namimah atau adu domba sebagai sebuah pesan yang direpresentasikan dalam program acara talkshow Rumpi No Secret melalui tindakan dan kata-kata yang direkam dalam bentuk audio visual dilakukan oleh host maupun narasumber. Representasi amimah sebagai sebuah pesan mampu mengubah pola pemikiran dan pola perilaku masyarakat secara langsung dan namimah sebagai sebuah pesan yang direpresentasikan dapat mengngatkan masyarakat akan bahayanya karena dapat merusak dan memutus tali silahturahmi. Penelitian ini menggunakan studi analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis kritis dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada empat orang informan yang merupakan penggemar setia program talkshow Rumpi No Secret. Hal ini dilakukan sebagai pembanding dari hasil yang peneliti temukan dengan persepsi dari masyarakat terhadap pesan perbuatan namimah. Informan tersebut terdiri dari seorang mahasiswi, karyawan swasta, dan dua orang ibu rumah tangga. Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa sebuah pesan namimah dipahami oleh masyarakat dengan persepsi yang berbeda yang menimbulkan efek terhadap perubahan pola pikir dan perilaku mereka terhadap sebuah pesan, dalam hal ini adalah namimah yang direpresentasikan melalui tindakan dan kata-kata yang dilakukan baik itu oleh host maupun narasumber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamroni, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Representasi, Namimah, Talkshow
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Mar 2017 13:35
Last Modified: 17 Mar 2017 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum