REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogjakarta)

Zumaroh Nur Fajrin NIM. 04471161, (2009) REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogjakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada pondok pesantren Al-Munawwir komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran terhadap dunia Islam khususnya dunia pendidikan pesantren tentang seluk beluk ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren dan yang menjadi subjek adalah pengasuh, pengurus dan santri yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Alternatif paradigma proses penyelenggaraan pendidikan yang telah dipakai oleh pengasuh Ponpes Al-Munawwir komplek Nurussalam Putri ini adalah Paradigma Inquery vs. sistem penyampaian karena seiring dengan laju pesatnya gerak pembangunan, pengasuh pesantren Nurussalam Putri akhirnya memberikan izin bagi santrinya yang ingin menggunakan teknologi informasi di dalam lingkungan pesantren dengan syarat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. (2) Implikasi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi paradigma pemikiran pendidikan di PP. Al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri yaitu terjadi berbagai dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif yang terlihat di pesantren Nurussalam setelah peran teknologi informasi masuk dalam pesantren ini. (3) Implementasi Rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yaitu melalui aktivitas-aktivtas yang dikerjakan para santri baik itu aktivitas individu maupun kerja tim sebagai contoh dalam pembuatan bulletin maupun dalam keterampilan-keterampilan yang dilakukan para santri dengan media teknologi yang telah disediakan maupun yang dimiliki sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Abd. Rachman Assegaf, MA.
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Paradigma, Pemikiran, Pedidikan, Pesantren, Ilmu Pengetahuan, Teknologi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 13:45
Last Modified: 16 Mar 2017 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item