PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOSOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN KENTOLAN LOR, GUWOSARI, PAJANGAN, BANTUL

SURIYAH, NIM. 12250044 (2017) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOSOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN KENTOLAN LOR, GUWOSARI, PAJANGAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOSOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN KENTOLAN LOR, GUWOSARI, PAJANGAN, BANTUL)
12250044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOSOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN KENTOLAN LOR, GUWOSARI, PAJANGAN, BANTUL)
12250044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lanjut usia termasuk dalam kategori masyarakat yang rentan, dimana dalam fase ini terjadi penurunan baik dari segi fisik maupun psikis. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penurunan kondisi tersebut jika terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan krisis. Akan tetapi, fenomena di lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit lanjut usia yang sejahtera psikososialnya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk menguji pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikososial lanjut usia di Dusun Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul. Jumlah sampel penelitian ini adalah 60 lanjut usia dengan usia di atas 60 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala dukungan sosial yang diadaptasi dari skripsi Sari Hayati dan skala Kesejahteraan Psikososial yang disusun peneliti berdasarkan teori Rowe dan Kahn. Analisa penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini memperoleh nilai sebesar 63.9% ( 2 = 0.639). Artinya, dukungan sosial memberikan pengaruh 63.9% terhadap kesejahteraan psikososial, sedangkan sisanya 36.1% dipengaruhi oleh faktor lain selain dukungan sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikososial lanjut usia di Dusun Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Th.I.,M.Si NIP 197703172006042001
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Kesejahteraan Psikososial, Lanjut Usia
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Mar 2017 10:02
Last Modified: 20 Mar 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum