NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATERI TARIKH KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KOMPARATIF TERBITAN MAJELIS DIKDASMEN PWM DIY DAN YAYASAN PIRI)

INDAH FAJARWATI, NIM. 1420411096 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATERI TARIKH KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KOMPARATIF TERBITAN MAJELIS DIKDASMEN PWM DIY DAN YAYASAN PIRI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATERI TARIKH KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KOMPARATIF TERBITAN MAJELIS DIKDASMEN PWM DIY DAN YAYASAN PIRI))
1420411096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATERI TARIKH KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KOMPARATIF TERBITAN MAJELIS DIKDASMEN PWM DIY DAN YAYASAN PIRI))
1420411096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konsep pendidikan multikulturalisme bukan hanya wacana, tetapi konsep ini adalah sebuah ideologi yang harus diperjuangkan. Dalam konteks ini, kita harus bersedia menerima kelompok lain secara sesama sebagai sebuah kesatuan tanpa memperdulikan perbedaan suku, budaya, agama, bahasa, gender, kebiasaan, maupun latar belakang. Multikultural memberi penegasan perbedaan itu sama di ruang publik. Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui muatan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam bahan ajar Tarikh SMA kelas X terbitan Majelis Dikdasmen PWM DIY dan Yayasan PIRI dalam materi, fitur, dan rubrikasi. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deskriptif-analitik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umun kedua bahan ajar sudah memuat nilai-nilai pendidikan multikultural dalam uraian materi. Hanya saja dalam uraian fitur dan rubrikasi, kedua bahan ajar tersebut belum melampirkan muatan nilai-nilai pendidikan multikultural. Bahan ajar terbitan Majelis Dikdasmen PWM DIY secara keseluruhan sudah memuat nilai-nilai multikultural sedangkan bahan ajar terbitan Yayasan PIRI belum menyentuh nilai keadilan. Jika membandingkan kedua bahan ajar, terbitan Majels Dikdasmen PWM DIY lebih mendominasi muatan nilainilai pendidikan multikultural daripada terbitan PIRI. Implikasi bahan ajar berdampak terhadap pemahaman peserta didik. Karena itu, pendidikan perlu menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam bahan ajar guna membangun pemahaman yang multikultural, menjunjung tinggi nilai demokrasi, menyemarakkan semangat toleransi, menerapkna hukum yang berkeadilan, dan semangat kebersamaan dalam membangun Indonesia yang tercinta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pendidikan, multikultural, dan bahan ajar tarikh
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:32
Last Modified: 23 Mar 2017 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum