PENERAPAN METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA SISWA BOARDING SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

TRI WINARSIH, SPDI, NIM. 1420411182 (2017) PENERAPAN METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA SISWA BOARDING SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA SISWA BOARDING SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
1420411182_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA SISWA BOARDING SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
1420411182_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

TRI WINARSIH. Penerapan Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam meningkatkan Iman dan Taqwa Siswa Boarding SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode keteladanan dan pembiasaan untuk meningkatkan iman dan taqwa siswa. Untuk itu diperlukan penelitian ini, dengan harapan ketika meningkat iman dan taqwa siswa, maka akan berdampak pada pengamalan nilai islam dalam kehidupan sehari-hari siswa. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode keteladanan dan pembiasaan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta serta hasil dari penerapan metode tersebut dalam meningkatkan Iman dan Taqwa siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, Penyajian data, kesimpulan/verifikasi data. Penerapan keteladanan yang dilakukan SMPIT Abu Bakar dalam meningkatkan iman adalah melalui meyakini adanya Allah SWT, meyakini adanya Malaikat, meyakini adanya Rasul, meyakini adanya Kitab, meyakini adanya hari kiamat, meyakini adanya qodho dan qadar. Sedangkan keteladanan yang dilakukan dalam meningkatkan taqwa dilakukan melalui berpakaian yang rapi, tertib dan disiplin dalam segala urusan, menerapkan adab-adab Islam, dan lain-lain. Adapun penerapan pembiasaan dalam meningkatkan iman siswa di lakukan melalui pemantauan terhadap proses pencapaian mutaba’ah yang dilakukan oleh siswa. Sedangkan pembiasaan yang dilakukan dalam meningkatkan taqwa di lakukan melalui kegiatan rutin (pembiasaan 5S, ketertiban dan kedisiplinan, GJS), kegiatan spontan, dan kegiatan pengkondisian. Hasil dari penerapan metode keteladanan dan pembiasaan bagi siswa SMPIT Abu Bakar Yogyakarta adalah dapat meningkatkan hubungan dengan Allah (Hablum Minallah), meningkatnya hubungan sosial (Hablum Minannas), meningkatan kesadaran diri, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, keteladanan, pembiasaan, iman, taqwa, SMPIT ABY
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:40
Last Modified: 23 Mar 2017 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum