PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMA PADA SUB MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN PENEMPATAN UNSUR DALAM GOLONGAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

MUHAMMAD AINUL IMDAD, NIM. 10670041 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMA PADA SUB MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN PENEMPATAN UNSUR DALAM GOLONGAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMA PADA SUB MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN PENEMPATAN UNSUR DALAM GOLONGAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
10670041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMA PADA SUB MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN PENEMPATAN UNSUR DALAM GOLONGAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
10670041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Kartu Doma (Domino Kimia) Materi Pokok Struktur Atom yang berkonsentrasi pada Sub Materi Konfigurasi Elektron dan Penempatan Unsur dalam Golongan. Selain itu, untuk mengetahui kualitas Media Kartu Doma yang dinilai oleh tiga orang guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XI. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket penilaian yang terdiri dari 5 aspek penilaian dengan 19 kriteria penilaian. Kualitas Media Kartu Doma dinilai menurut penilaian tiga pendidik kimia serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Hasil penilaian yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas kartu Doma. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa kartu pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Kualitas Media Kartu Doma berdasarkan penilaian pendidik kimia memperoleh skor 82,6 dari skor maksimal 95 dengan persentase 86,95%. Hasil respon peserta didik memperoleh skor 175 dari skor maksimal 200 dengan persentase 87,5%. Penilaian pendidik dan respon peserta didik tersebut menunjukkan bahwa Media Kartu Doma tersebut layak digunakan sebagai sarana/media belajar untuk materi Konfigurasi Elektron untuk SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kartu Domino, Konfigurasi Elektron
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:48
Last Modified: 23 Mar 2017 01:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item