PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI DI SMA/MA

JANNAT PRABOWO, NIM. 11670041 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI DI SMA/MA)
11670041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI DI SMA/MA)
11670041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis kelas XI di SMA/MA. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari hasil penilaian pendidik di sekolah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa RPP berbasis saintifik dan LKPD pada materi hidrolisis garam. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengadopsi model 4D. Model 4D menyajikan tahap-tahap pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Keseluruhan tahap tersebut memang tidak dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian pengembangan ini dibatasi hanya sampai penilaian produk yang ada dalam tahap development. Penilaian produk dilakukan oleh 3 pendidik kimia kelas XI di SMA/MA. Instrumen penilaian yang digunakan terdiri dari instrumen penilaian RPP dan instrumen penilaian LKPD, dengan masing-masing instrumen yang digunakan disusun dalam bentuk angket skala likert (skala 4). Hasil penilaian yang didapatkan yaitu berupa data kuantitatif, yang selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk dapat menentukan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian pendidik. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan penilaian pendidik di sekolah terhadap produk yang dikembangkan dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa kualitas produk RPP memenuhi kriteria Sangat Baik (SB) dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 164,33 dari skor rata-rata maksimal 168. Sementara itu, untuk LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini juga memenuhi kriteria Sangat Baik (SB) dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 71,33 dari skor rata-rata maksimal 72. Presentase keidealan yang diperoleh dari RPP yang dikembangkan adalah 97,82 % dan presentase keidealan LKPD 99,07 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, RPP, LKPD, pendekatan saintifik, penelitian pengembangan, hidrolisis
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:03
Last Modified: 23 Mar 2017 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum