KONFLIK PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

NOK ELIS, NIM. 12720002 (2016) KONFLIK PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi thesis, KONFLIK PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA.

[img]
Preview
Text (KONFLIK PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA)
12720002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONFLIK PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT (BIJB) DI DESA SUKAMULYA KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA)
12720002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan sarana trasportasi baik darat, laut maupun udara sangat diperlukan guna mengikuti arus perkembangan jaman. Pemerintah Provinsi Jawa Barat membangun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai respon dari tantangan jaman. Pembangunan BIJB bertujuan untuk memajukan perekonomian Jawa Barat dan khususnya kota Majalengka. Lokasi pembangunan bandara berada di Kecamatan Kertajati dengan menggusur sebanyak enam Desa.Enam Desa yang tergusur akibat pembangunan bandara diantaranya Desa Kertajati, Bantarjati, Sukakerta, Sukasari dan Babakan.Satu Desa lagi yang sampai sekarang masih menolak untuk digusur yaitu Desa Sukamulya.Masyarakat Sukamulya menolak penggusuran dan pengkuruan untuk mega proyek BIJB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik yang terjadi antara elit pemerintah Daerah dengan masyarakat Sukamulya penolak pembangunan BIJB dan konflik yang terjadi antara masyarakat Sukamulya pendukung dan penolak BIJB. Teori yang digunakan yaitu Segitiga Johan Galtung.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.Metode penggumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, Telaah media massa dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa konflik yang terjadi antara masyarakat Desa Sukamulya Penoak BIJB dengan Pemerintah Daerah yang bertugas dalam mega proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu belum ada sosialisasi, belum ada harga ganti rugi yang jelas, relokasi dan jaminan kesejahteraan, Sedangkan konflik yang terjadi antara masyarakat penolak dan pendukung BIJB disebabkan oleh perbedaan penilaian terhadap pembangunan proyek BIJB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konflik,Pembangunan Bandara
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:04
Last Modified: 27 Mar 2017 01:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item View Item