PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KONFLIK SOSIAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANG PENANGANAN KONFLIK SOSIAL

ROBBY KURNIAWAN, NIM. 10340070 (2017) PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KONFLIK SOSIAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANG PENANGANAN KONFLIK SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KONFLIK SOSIAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANG PENANGANAN KONFLIK SOSIAL)
10340070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KONFLIK SOSIAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANG PENANGANAN KONFLIK SOSIAL)
10340070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penanganan konflik sosial di Indonesia seringkali diiringi dengan kekhawatiran atas terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia. Kekhawatiran itu dikarenakan belum jelasnya bentuk dan pola perlindungan hak asasi manusia dalam mekanisme penanganan konflik. Setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, lengkap dengan PP Nomor 2 Tahun 2015 sebagai peraturan pelaksanaannya, kekhawatiran tersebut mestinya dihilangkan. Diperlukan Penelitian yang serius untuk menuntaskan kegelisahan itu. Apakah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial sudah menjamin perlindungan HAM? Dan bagaimana bentuk perlindungan hak asasi manusia yang terkandung dalam undang-undang tersebut, merupakan pertanyaan-pertanyaan penting, dan sekaligus menjadi permasalahan utama penelitian ini. Pertanyaan di atas akan dijawab dengan penelitian Normatif-Yuridis berbentuk penelitian kepustakaan, dengan pendekatan doktrin hukum HAM. Penelitian dilakukan dengan metode deduktif. Penyusun memulainya dengan merangkum muatan hak asasi manusia dalam hukum HAM Indonesia. Kemudian muatan itu dikonfirmasikan dengan undang-undang, sebagai objek penelitian ini. Selanjutnya, untuk mengungkap poin-poin perlindungan HAM dalam undangundang, penelitian ini akan menggunakan pendekatan teori konflik sosial. Harapannya penelitian ini dapat membuka pandangan pembaca atas nilai dan muatan HAM yang terkandung dalam UU Nomor 7 Tahun 2012. Setelah penelitian diselesaikan, penyusun menemukan beberapa poin sebagai hasilnya. Pertama, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 sebagian besar telah mengandung muatan materi hak asasi manusia yang diatur dalam hukum HAM Indonesia. Namun ada beberapa materi HAM yang tidak disebutkan secara jelas, yakni 1) hak yang sama atas akses sumber daya alam, dan 2) hak perlindungan hukum, khususnya pasca konflik sosial. Adapun bentuk perlindungan HAM yang terkandung dalam UU Penanganan Konflik Sosial ini, secara garis besar dapat disarikan pada; 1) Pemerintah bertanggung jawab untuk mengelola potensi konflik; 2) Pengakuan atas mekanisme sosial dan pranata adat dalam penanganan konflik sosial; 3) Adanya hak publik untuk ikut serta dalam proses penanganan konflik sosial; dan 4) Pemerintah bertanggung jawab untuk memulihkan hak asasi manusia pasca konflik sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. NURAINUN MANGUNSONG, S.H., M.Hum. 2. Dr. SITI FATIMAH, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Konflik Sosial, Perlindungan Hukum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 08:47
Last Modified: 27 Mar 2017 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum