TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI CLIO APPAREL PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

ZULANDA AHZANA ASHART, NIM. 11340168 (2017) TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI CLIO APPAREL PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI CLIO APPAREL PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK)
11340168_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI CLIO APPAREL PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK)
11340168_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi khususnya di bidang perdagangan saat ini berdampak kepada cara manusia dalam melakukan transaksi jual belinya. Jual beli dengan menggunakan teknologi internet yang kemudian dikenal dengan jual beli online saat ini sudah menjadi kegiatan yang seringkali dilakukan oleh para pelaku usaha. Kegiatan transaksi ini memiliki kesamaan dengan jual beli konvensional akan tetapi pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan teknoogi internet. Kegiatan transaksi jual beli online juga merupakan perbuatan hukum antara kedua belah pihak atau lebih, hanya saja transaksinya bersifat maya sehingga dalam transaksinya tidak diperlukan untuk bertemu dan bertatap muka langsung. Hal ini menjadikan aktivitas jual beli online yang dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut memerlukan tinjauan hukum terhadap kesesuaian dan keabsahan aktivitas jual belin online nya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode yuridis normatif. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Maksud dalam penilitian ini adalah menganalisis permasalahan tentang bagaimana pengaturan hukum Indonesia mengenai kegiatan jual beli online dihubungkan dengan Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaturan hukum Indonesia mengenai implementasi pengaplikasian Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap jual beli online. Dalam hal ini yang akan menjadi obyek penelitian adalah alah satu online shop yang berasal dari Yogyakarta yaitu Clio Apparel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam aktivitas transaksi jual beli online yang dilakukan oleh Clio Apparel sudah didapatkan kesesuaian dengan Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik di bagian penyelenggaraan transaksi elektronik. Praktik jual beli online yang dilakukan oleh Clio Apparel juga dinilai sah secara hukum dengan ditunjukannya kesepakatan, kecakapan, suatu hal tertentu dan suatu sebab yang halal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum 2. ISWANTORO, S.H., M.Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 09:35
Last Modified: 27 Mar 2017 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum