EFEKTIFITAS PEMBINAAN NARAPIDANA RESIDIVIS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TAHUN 2010-2015)

ABDULLAH NASIK ULWAN, NIM. 12340131 (2017) EFEKTIFITAS PEMBINAAN NARAPIDANA RESIDIVIS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TAHUN 2010-2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBINAAN NARAPIDANA RESIDIVIS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TAHUN 2010-2015))
12340131_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBINAAN NARAPIDANA RESIDIVIS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TAHUN 2010-2015))
12340131_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya kejahatan yang terjadi belakangan ini. Dimana terindentifikasi bahwa pelaku adalah seorang residivis dan didukung beberapa data dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta menjadi latar belakang penelitian ini. Yang menjadi pertayaan besar adalah mengapa hal ini bisa terjadi ditengah resahnya masyarakat terhadap tindakan pidana yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan serta menganalisis cara pelaksanaan pembinaan Lembaga Pemasyaraktan Kelas IIA Yogyakarta dan untuk mengetahui seberapa efektifitasnya pembinaan residivis di Lembaga Pemasyaraktan Kelas II A Yogyakarta dalam upaya preventif terhadap pelaku resdivis. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemasyaraktan Kelas IIA Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan secara yuridis empiris dalam artian dari Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan mempelajari data-data yang diperoleh dari hasil wawancara, pengumpulan data dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta. Serta analisis data dalam proses mencari dan menyusun secara sistematis data-data yang di peroleh dari wawancara, catatan lapangan dan bahanbahan lain sehingga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat menjadi bahan informasi. Kemudian untuk menganalisa data yang diperoleh, penulis menggunakan metode analisis diskriptif analisis. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini dalam efektifits pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta belum efektif, akan tetapi penanganannya telah sesuai dengan Undang-undang Nomer 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, yang mana pelaksanaannya diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomer 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan. Pembinaan yang dilaksanakan Lapas Kelas IIA Yogyakarta yakni pembinaan kepribadian, pembinaan kemandirian, asimilasi dan integrasi. Namun bahwa selama ini tidak ada pemisahan antara narapidana residivis dan non residivis, tanpa tanpa adanya pertimbangkan dampak yang terjadi dengan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. MAKHRUS, S.H., M. Hum. 2. HIFDZIL ALIM, SH, M.H.
Uncontrolled Keywords: Residivis, Pola Pembinaan Residivis, Efektifitas.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Mar 2017 02:57
Last Modified: 27 Mar 2017 02:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24763

Actions (login required)

View Item View Item