PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT DAN MUTU SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA

MUHAMAD HERI SAPUTRA, NIM. 11411015 (2017) PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT DAN MUTU SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT DAN MUTU SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
11411015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT DAN MUTU SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
11411015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)

Abstract

MUHAMAD HERI SAPUTRA. Pengaruh Pendekatan Rasional dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMP Islam 26 Yogyakarta. Skripsi . Yogyakarta: jurusan Pendidkan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah sebagai upaya untuk mengetahui dan mendalami tentang materi-materi pendidikan agama islam yang diajarkan di sekolah SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta secara rasional, mengingat banyaknya jenis pendekatan yang digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan .banyak aspek yang mampu meningkatkan minat dan mutu peserta didik yang berkesesuaian dengan rasionalitas berfikir kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan langkah-langkah mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di lapangan seperti diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview), dari perolehan data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi analitik. Setelah dipelajari, dibaca, dan ditelaah, langkah berikutnya adalah mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi, yaitu usaha membuat rangkuman yang inti, proses, dan pernyataan-pernyataan yang perlu dijaga sehingga tetap berada di dalamnya. Langkah selanjutnya ialah menyusun dalam satuan-satuan.Satuansatuan tersebut kemudian dikategorisasikan pada langkah berikutnya. Kategorisasikategorisasi itu dibuat sambil melakukan koding. Tahap akhir dari analisi data ini adalah melakukan pemeriksaan keabsahan data. Setelah selesai tahap ini, mulailah melakukan tahap penafsiran data dalam mengolah hasil sementara menjadi teori subtantif. Hasil penelitian menunjukkan pertama, penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta dilaksanakan dengan beberapa cara, yakni dengan diskusi, tanya jawab, kerja kelompok dan latihan. Dan hasil dari penerapan pendekatan rasional dan implikasinya terhadap minat adalah Kemauan peserta didik, perhatian peserta didik, Keaktifan peserta didik serta mutu adalah 1. Bidang akademis meliputi: a. nilai kognitif "menghafal", b. nilai efektif " tadarus al-qur’an" c. nilai psikomotorik "pengumpulan zakat". Adapun dalam bidang non akademik meliputi: 1. Kejuaraan: Lomba MTQ dan Semarak Muharram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Minat, Mutu, dan Pendekatan Rasional.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 10:17
Last Modified: 27 Mar 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum