PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

SRI SANTI, NIM. 12410017 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
12410017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
12410017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Sri Santi. Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah banyak sekolah yang belum menerapkan pembelajaran sampai anak menguasai materi secara tuntas. Berdasarkan hal tersebut maka perlu digunakan iklim belajar yang efektif agar semua siswa dapat menguasai materi pelajaran secara tuntas, termasuk juga pada mata pelajaran PAI. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan penerapan mastery learning, bagamana kendala peneran mastery learning, dan bagaimana upaya guru untuk mencapai ketuntasan belajar sehinga meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala dan upaya dalam menerapkan model pembelajaran mastery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data kemudia ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan bahan referensi sebagai pendukung untuk membuktikan data yang telah ditemukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pada pelaksanaan penerapan model pembelajaran mastery learning meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan guru membuat RPP, pada pelaksanaan peran guru adalah memonitor seluruh pekerjaan peserta didik, siswa menentukan sendiri jumlah waktu belajarnya, metode yang digunakan untuk mengakomodasi gaya belajar siswa, dan sarana yang menunjang pembelajaran. Pada evaluasi dilakukan setiap dua pertemuan sekali. (2) Pada pelaksanaan penerapan mastery learning ditemui beberapa kendala yang banyak sedikitnya menghambat berjalannya pelaksanaan penerapan mastery learning. Kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran mastery learning tersebut ialah : 1) setiap siswa memiliki latar belakang yang berbeda sehingga berbeda pula kesiapan dan minat yang dimiliki siswa, dan 2) input siswa yang heterogen sehingga pada satu kelas setiap siswa memiliki tingkat inteligensi dan daya serap yang berbeda-beda. (3) Untuk mengatasi kendala tersebut maka guru melakukan beberapa upaya agar ketuntasan belajar semua siswa dapat tercapai. Upaya tersebut ialah : 1) sering mengadakan evaluasi pembelajaran pada setiap akhir pertemuan. dan 2) mengadakan remedial dan pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M. Ag, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 10:22
Last Modified: 27 Mar 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum