PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP PADA SISWA KELAS VII MTSN GONDOWULUNG BANTUL

ANISA PUTRI, NIM. 12410034 (2017) PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP PADA SISWA KELAS VII MTSN GONDOWULUNG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP PADA SISWA KELAS VII MTSN GONDOWULUNG BANTUL)
12410034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP PADA SISWA KELAS VII MTSN GONDOWULUNG BANTUL)
12410034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

ANISA PUTRI. Prestasi Belajar Ranah Afektif dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Menggunakan Media Pop-Up pada Siswa Kelas VII MTsN Gondowulung Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar ranah afektif siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan media Pop- Up, implementasi dengan menggunakan Pop-Up serta problematika yang ditemui dalam implementasi media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsif. Analisis data dalam penelitian kualitatif menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran SKI dengan menggunakan media Pop-Up dapat berjalan lancar yakni dengan tahaptahapan sebagai berikut: guru menjelaskan materi SKI secara singkat dengan menggunakan media Pop-Up, siswa dibentuk kelompok-kelompok kecil dan setiap kelompok mendapatkan media Pop-Up yang berbeda sesuai dengan materi yang didapatkan, siswa presentasi dengan menggunakan media Pop-Up. 2) Prestasi belajar siswa dengan menggunakan media Pop-Up dengan menggunakan empat penilaian, yaitu observasi, penilaian pribadi, penilaian antarteman, penilaian jurnal. Hasil penilaian observasi menunjukkan bahwa rata-rata sikap siswa dalam diskusi kelompok di kelas kategorinya adalah Sangat baik, yaitu dengan jumlah 13 dari 32 siswa. Penilaian diri siswa terhadap mata pelajaran SKI dengan menggunakan media Pop-Up dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dalam satu kelas adalah memperoleh nilai sikap baik atau sudah mulai berkembang, yaitu dengan jumlah 18 dari 32 siswa. Penilaian antarteman siswa terhadap sikap percaya diri dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan media Pop-Up dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dalam satu kelas adalah memperoleh nilai sikap baik, yaitu dengan jumlah 12 dari 32 siswa. Penilaian jurnal menunjukkan bahwa secara umum antusias siswa menjadi bertambah dari sebelumnya, kemudian juga terjadi perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media Pop-Up akan tetapi masih ada catatan siswa yang menunjukkan sikap kurang aktif dalam diskusi maupun pembelajaran SKI dengan menggunakan media Pop-Up. 3) Problematika dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Pop-Up adalah proses pembuatan Pop-Up yang sedikit rumit, ukuran media Pop-Up kurang besar, kurangnya rasa percaya diri pada siswa, ada beberapa gambar yang kurang sesuai dengan materi dalam Pop-Up, ada beberapa siswa yang belum tuntas belajar. Problem tersebut dapat diselesaikan secara langsung oleh guru sehingga tidak menghalangi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Ranah Afektif, Sejarah Kebudayaan Islam, Pop-Up
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Mar 2017 03:23
Last Modified: 27 Mar 2017 03:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24775

Actions (login required)

View Item View Item