AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

MAHMUD ALWI, NIM. 12410058 (2017) AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
12410058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
12410058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MAHMUD ALWI, Aktualisasi Nilai-nilai Sila Pancasila dalam Pengembangan Kurikulum PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah melihat fenomena hari ini pemahaman siswa terutama generasi saat ini sudah mulai lupa dengan nilai Pancasila. Berawal dari hal demikian perlu adanya penanaman kembali tentang nilai Pancasila di sekolah. Nilai Pancasila di sekolah pada umumnya sudah diterapakan, namun di dalam dunia pendidikan agama Islam pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila masih sangat minim mendapatkan perhatian. Dari sini peneliti berusaha untuk memberikan warna baru dalam dunia pendidikan agama Islam tentang nilai-nilai Pancasila. Dengan harapan memberikan suatu kontribusi yang positif untuk dunia pendidikan Islam khususnya. Dan tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pancasila yang di aktualisasikan di SMP Negeri 9 Yogyakarta (2) Untuk mengetahui pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta (3) Untuk mengetahui aktualisasi nilai-nilai sila Pancasila dalam pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan dari makna itulah di tarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, dimana dengan cara mengecek pada sumber yang sama dengan cara yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Nilai sila Pancasila di SMP Negeri 9 teraktualisasi melalui pembiasaan dan kegiatan siswa di sekolah (2) Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Yogakarta diwujudkan melalui pengembangan komponen tujuan kurikuler, komponen materi dan komponen strategi (3) aktualisasi nilai sila Pancasila di dalam pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta diwujudkan melalui kegiatan keagamaan dan sosial siswa yang terangkum dalam buku saku siswa 2016 dan pada silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran PAI SMP Ngeri 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 10:25
Last Modified: 27 Mar 2017 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum