PENGARUH PEMANFAATAN INSTITUTIONAL REPOSITORY TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

RINA INAYAHWATI, NIM. 1420010022 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN INSTITUTIONAL REPOSITORY TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN INSTITUTIONAL REPOSITORY TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)
1420010022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN INSTITUTIONAL REPOSITORY TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)
1420010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta yang dilakukan pada tanggal 25 Oktober sampai 26 November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan institutional repository terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis metode survey. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah pemustaka di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Sementara Objek dalam penelitian ini adalah kepuasan pemustaka terhadap IR di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Populasi sebesar 10250 pemustaka, sedangkan sampel sebesar 385 responden, sedangkan hasil penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa pemanfaatan institutional repository di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki nilai rata-rata sebesar 3,10 dalam kategori baik. Variabel pemanfaatan institutional repository yang memiliki nilai rata-rata tertinggi pada indikator kontribusi pengguna sebesar 3,12. Sedangkan indikator dengan rerata paling terendah yaitu indikator pengalaman pengguna, dengan nilai rerata sebesar 3,09 dalam kategori baik. Kepuasan pemustaka Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki nilai rata-rata sebesar 3,14 dengan kategori baik, variabel kepuasan pemustaka yang paling tinggi nilai reratanya pada indikator informasi dan kepuasan secara menyeluruh. Sedangkan indikator paling rendah yaitu terletak pada indikator efisiensi, dengan nilai rerata sebesar 3,10 dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan institutional repository terhadap kepuasan pemustaka Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (15,2831,966) dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien regresi sebesar 0,659 menunjukkan arah positif yang berarti semakin banyak memanfaatan institutional repository, maka semakin baik pula kepuasan pemustaka dengan keeratan 0,615 memiliki pengaruh kuat. Besaran kontribusi pemanfaatan institutional repository terhadap kepuasan pemustaka sebesar 37,9% dan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Institutional Repository, Pemanfaatan, Kepuasan Pemustaka, dan Perpustakaan Perguruan Tinggi.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Mar 2017 03:33
Last Modified: 27 Mar 2017 03:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24779

Actions (login required)

View Item View Item