ANALISIS PERSEPSI LEARNING COMMONS DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MAHASISWADI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA

KRISTINA, NIM. 1420011024 (2017) ANALISIS PERSEPSI LEARNING COMMONS DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MAHASISWADI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS PERSEPSI LEARNING COMMONS DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MAHASISWADI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA)
1420011024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Text (ANALISIS PERSEPSI LEARNING COMMONS DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MAHASISWADI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER SURABAYA)
1420011024_KRISTINA_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat telah melahirkan sebuah generasi baru, dimana generasi tersebut memiliki pola yang berbeda dalam belajar dan memanfaatkan perpustakaan. Learning commons di perpustakaan perguruan tinggi merupakan sebuah pengembangan perpustakaan yang berfokus pada learner centered, dimana perpustakaan dalam menyediakan layanan dan fasilitas harus melihat kepada kebutuhan dan gaya belajar mahasiswa saat ini. Learning commons di perpustakaan mencoba memberikan sebuah pemaknaan bagi perpustakaan yaitu sebagai pusat sumber balajar mahasiswa yang melihat sejauh mana sumber daya yang tersedia di perpustakaan termanfaatkan secara maksimal guna mendukung kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa di lingkungan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap learning commons dan melihat kontribusinya dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa di Perpustakaan ITS Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain penelitian eksplanatoris sekuensial. Peneliti menggunakan mixed methods dengan memulai penelitian dengan metode kuantitatif untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap learning commons, kemudian untuk memperdalam hasil penelitian kuantitatif peneliti melanjutkan penelitian dengan metode kualitatif untuk mengetahui kontribusi learning commons dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa di Perpustakaan ITS Surabaya. Sumber datayang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 387 responden untuk data kuantitatif, wawancara mendalam dengan informan untuk sumber data kualitatif, dokumentasi serta observasi. Hasil penelitian dengan metode kuantitaif menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap learning commons di Perpustakaan ITS Surabaya dalam kategori baik dimana nilai penafsiran grand mean sebesar 4. Sedangkan hasil penelitian dengan metode kualitatif menunjukkan bahwa learning commons di Perpustakaan ITS Surabaya berkontribusi dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa melalui tersedianya the physical commons, the virtual commons, the sociocultural commons sebagai aspek yang dapat menarik minat mahasiswa dalam memanfaatkan Perpustakaan ITS Surabaya sebagai sumber belajar mereka, selain itu the staffing juga merupakan salah satu aspek yang memiliki peran dalam memberikan kontribusi dalam bentuk sikap ramah dan selalu membantu untuk mencapai tujuan belajar mereka di Perpustakaan ITS Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Learning commons, Kegiatan belajar, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Mar 2017 03:54
Last Modified: 27 Mar 2017 03:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24780

Actions (login required)

View Item View Item