“EVALUASI SISTEM ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) SLIMS MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)” DI PERPUSTAKAAN STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA JOMBANG

DWI NURIANA, NIM.1420011030 (2017) “EVALUASI SISTEM ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) SLIMS MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)” DI PERPUSTAKAAN STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA JOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (“EVALUASI SISTEM ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) SLIMS MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)” DI PERPUSTAKAAN STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA JOMBANG)
1420011030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (“EVALUASI SISTEM ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) SLIMS MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)” DI PERPUSTAKAAN STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA JOMBANG)
1420011030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Perpustakaan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang menjadi salah satu perguruan tinggi yang menggunakan jasa sistem otomasi dengan membangun sistem temu kembali informasi (OPAC) menggunakan software SLiMS sebagai alat penelusuran informasi. Penggunaan SLiMS oleh Perpustakaan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang berjalan lebih dari 3 tahun dan telah membantu perpustakaan dalam proses manajemen koleksi secara elektronik. Penelitian ini berfokus pada evaluasi sistem otomasi SLiMs dilihat dari sudut pandang kepuasan pengguna akhir perpustakaan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang. Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap SLiMS menggunakan model evaluasi End User Computing Satisfaction (EUCS Models). Pendekatan dengan EUCS models menekankan pada dimensi content, Accuracy, Ease of Use, Format dan Timelines yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna akhir. Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan purposive random sampling dimana jumlah sampel yang digunakan sebesar 303 responden yang merupakan pengguna aktif perpustakaan. Hasil penelitian menjelaskan adanya pengaruh secara bersamaan yang muncul dari variabel bebas terhadap kepuasan pengguna yaitu variabel content (X1) memiliki nilai 0,239, ease of use (X4) memiliki nilai 0,155 dan 0,174 dan timelines (X5) memiliki nilai 0,187 yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan pada variabel accuracy memiliki nilai 0,075 dan -0,156, sementara variabel format memiliki nilai -0,067, 0,157, 0,189, dan 0,093 sehingga kedua variabel tersebut tidak terlibat secara bersamaan dalam uji pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Rekomendasi Perpustakaan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang diharapkan memberikan user education dan praktek langsung serta membudayakan akses OPAC kepada pengguna. Bagi pustakawan dan tenaga IT dapat berkolaborasi dalam mengembangakan format tampilan OPAC SLiMS yang menarik bagi pengguna perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag. M.Si,
Uncontrolled Keywords: EUCS Model, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Sistem Otomasi,OPAC, SLiMS.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Mar 2017 09:41
Last Modified: 08 Mar 2024 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum