IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PANGESTU CAHYO GUMELAR, NIM. 12480032 (2017) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
12480032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
12480032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pangestu Cahyo Gumelar, "Implementasi Ekstrakurikuler Batik untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas V MI Ma‟arif Giriloyo I Imogiri Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah Lingkungan madrasah adalah daerah yang masih melestarikan kegiatan membatik, bahkan membatik menjadi mata pencaharian utama bagi beberapa keluarga di dusun Giriloyo ini, serta pelaksanaan muatan lokal juga bermaksud untuk mengembangkan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana implementai ekstrakurikuler batik di kelas V MI Ma‟arif Giriloyo I Imogiri Bantul, 2) Bagaimana guru mengembangkan kreativitas siswa dalam ekstrakurikuler batik di kelas V MI Ma‟arif Giriloyo I Imogiri Bantul, dan 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Objek penelitian ini adalah implementasi ekstrakurikuler batik. Dengan subjek penelitian Kepala Madrasah, Guru Ekstrakurikuler Batik, peserta didik kelas V. Metode analisis data yang dikembangkan Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display, dan conclution drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Implementai ekstrakurikuler batik dilakukan secara konsisten dan sistematis sesuai langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 2) Guru mengembangkan kreativitas peserta didik dengan cara memberi kebebasan dalam berekspresi dan berlatih terus menerus. 3) Faktor penghambat dalam implementasi ekstrakurikuler batik adalah kurangnya jam pelajaran, jumlah peralatan yang tidak seimbang dengan peserta didik, tidak adanya tempat khusus untuk praktek membatik. Faktor pendukung implementasi ekstrakurikuler batik diantranya adalah lingkungan masyarakat, minat siswa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs Sedya Santosa, SS,.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Batik, Kreativitas.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:06
Last Modified: 29 Mar 2017 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24797

Actions (login required)

View Item View Item