IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB (KHAT) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

MISBACHUL MUNIR, NIM. 12480032 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB (KHAT) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB (KHAT) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017)
12480042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB (KHAT) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017)
12480042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Misbachul Munir, "Implementasi pembelajaran kaligrafi kelas v(lima) di MI Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kaligrafi merupakan salah satu pelajaran muatan lokal yang telah diajarkan di MI Sultan Agung Depok Sleman sejak dari kelas I hingga kelas VI. Selain mengajarkan kaidah menulis indah juga melatih anak sejak dini agar dapat menulis huruf-huruf Arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Mata pelajaran kaligrafi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelajaran bahasa Arab khususnya dalam aspek kemahiran menulis siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait pentingnya pembelajaran seni kaligrafi dalam melatih kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas V di MI Sultan Agung Depok Sleman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana implementasi pembelajaran kaligrafi di MI sultan Agung babadan baru Depok sleman, 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembelajaran kaligrafi kelas V MI Sultan Agung 3) Bagaimana guru mengembangkan pembelajaran kaligrafi kelas V MI Sultan Agung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Objek penelitian ini adalah implementasi Pembelajaran kaligrafi. Dengan subajek penelitian Kepala Madrasah, Guru pengampu kaligrafi, peserta didik kelas V. Metode analisis data menggunakan diskriptif kualitatif.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1)Implementasi pembelajaran kaligrafi dilakukan secara konsisten dan sistematis sesuai langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 2) Faktor-faktor penghambat yang dihadapi Guru pengampu kaligrafi MI Sultan Agung Depok Sleman berasal dari beberapa faktor, baik dari faktor siswa, guru maupun madrasah, diantaranya (a) kurangnya jam pelajaran (b) latar belakang siswa yang berbeda-beda, ada yang sudah diajarkan kaligrafi di TPA ada yang belum diajarkan samasekali (c) masih sulitnya memberikan pemahaman kepada siswa karena siswa memang belajar dari dasar, Faktor pendukung pembelajaran kaligrafi MI Sultan Agung adalah adanya kerjasama MI Sultan Agung dengan Lembaga "Jogja Kaligrafi" dalam hal penyediaan tenaga pengajar dan pembuatan buku panduan kaligrafi. (3) Guru Mrngembangkan pembelajaran kaligrafi sekolah memberikan sarana prasarana berupa krayon atau pewarna karena banyak siswa yang belum punya karena alat dan bahan membuat kaligrafi merupakan kunci utama lancarnya proses pembelajaran kaligrafi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hidayat. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kaligrafi. Pembelajaran kaligrafi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Mar 2017 09:08
Last Modified: 29 Mar 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum