PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI AL-IHSAN MEDARI

TIKASARI KANIA NINGRUM, NIM. 12480071 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI AL-IHSAN MEDARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI AL-IHSAN MEDARI)
12480071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI AL-IHSAN MEDARI)
12480071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tikasari Kania Ningrum. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di Mi Al-Ihsan Medari. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1. Mengukur tingkat validitas soal-soal pretest dan posttest yang diberikan. 2. Mengukur tingkat reliabilitas soal-soal pretest dan posttest yang diberikan. 3. Mengetahui perbedaan hasil prestasi belajar antara pembelajaran matematika yang menggunakan metode ceramah dengan yang menggunakan metode Numbered Head Together (NHT). Untuk mengetahui perbedaannya adalah dengan menggunakan pretest serta posttest pada masing-masing materi yang akan diajarkan dengan kedua metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa soal pretest dan posttest materi penjumlahan dan perkalian pecahan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, baik kelas VA dan kelas VB di MI Al Ihsan Medari. Pemeriksaan data dilakukan Uji T. Analisis data dilakukan dengan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Tingkat validitas soal-soal yang digunakan dilihat dari segi isi telah dihitung dengan Content Validity Ratio (CVR) dengan hasil menunjukkan CVR=1, dilihat dari segi konstruk sudah sesuai dengan KD dan indikator, dan dilihat dari perhitungan empirik sudah berada di atas taraf siginikansi 5%. Tingkat reliabiltas soal-soal yang diberikan dihitung dengan menggunakan rumus alpha menunjukkan bahwa hasil untuk penjumlahan sebesar 0,794 dan untuk perkalian sebesar 0,801Dengan menggunakan α=0,05,hasil prestasi siswa yang telah diperiksa dengan Uji T menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran NHT dibandingkan dengan metode ceramah. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang positif dengan menggunakan metode pembelajaran NHT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Luluk Maulu‟ah, M. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:16
Last Modified: 29 Mar 2017 02:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24801

Actions (login required)

View Item View Item