EFEKTIVITAS METODE GAMES 5 IN 1 “MATH PASTI MAJU” DENGAN MEDIA KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN KEBONAGUNG

DANANG INDRI JATMIKO, NIM. 13480133 (2017) EFEKTIVITAS METODE GAMES 5 IN 1 “MATH PASTI MAJU” DENGAN MEDIA KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN KEBONAGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE GAMES 5 IN 1 “MATH PASTI MAJU” DENGAN MEDIA KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN KEBONAGUNG)
13480133_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE GAMES 5 IN 1 “MATH PASTI MAJU” DENGAN MEDIA KARTU SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN KEBONAGUNG)
13480133_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Danang Indri Jatmiko (13480133), Efektivitas Metode Games 5 in 1 "Math Pasti Maju" dengan Media Kartu Soal dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN Kebonagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode Games 5 in 1 "Math Pasti Maju" dengan media kartu soal terhadap hasil belajar siswa. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran Matematika dengan materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Kebonagung yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk hasil posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan ratarata nilai posttest kelas eksperimen 48,21 dan kelas kontrol 40,86. Uji t menunjukkan bahwa hasil posttest memiliki nilai thitung = 1,70 ttabel = 2,00, dan itu artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya penggunaan metode Games 5 in 1 "Math Pasti Maju" dengan media kartu soal tidak lebih efektif daripada penggunaan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga membuktikan bahwa metode Games 5 in 1 "Math Pasti Maju" dengan media kartu soal efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, dari hasil observasi secara kuantitatif diperoleh hasil belajar afektif dalam aspek disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri kelas eksperimen rata-rata sebesar 3,50 dan kelas kontrol 3,06. Secara kualitatif berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan ketertarikan siswa kelas eksperimen terhadap pembelajaran Matematika dengan metode Games 5 in 1 "Math Pasti Maju" dengan media kartu soal ini lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Luluk Maulu’ah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Games 5 in 1, media kartu soal, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:21
Last Modified: 29 Mar 2017 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24802

Actions (login required)

View Item View Item