PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA

CUT AFRINA, NIM. 1520010015 (2017) PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA)
1520010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA)
1520010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah (MBS) terhadap pengembangan perpustakaan di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian verifikatif (kausalitas). Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas yaitu: Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) (X) dan variabel terikat yaitu: Pengembangan Perpustkaan (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah responden 27 orang guru, tenaga pustakawan, dan karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket jenis tertutup. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS Versi 24.0 for Windows.Berdasarkan hasil pengujian analisis deskriptif menggunakan rumus Mean dan Grand Mean diperoleh hasil dari manajemen berbasis sekolah (MBS) dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,05.Sedangkan pengembangan perpustakaan dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 3,08. Hasil uji korelasi product moment, bahwa besar koefisien korelasi antara variabel manajemen berbasis sekolah (MBS) (X) dan pengembangan perpustakaan (Y) memperoleh hasil sebesar 0,710, pada interval koefisien antara 0,80 - 1,000 menunjukkan pengaruh yang sangat kuat, dimana arah pengaruh adalah positif karena nilai r menunjukkan angka positif. Hasil regresi sederhana untuk variabel (X) dan variabel (Y)Y = 22,722 + 0,459X dan R Square sebesar 0,710 berarti bahwa pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap pengembangan perpustakaan sebesar 50,41%. Faktor lain di luar penelitian ini sebesar 49,41 %. Kesimpulannya adalah manajemen berbasis sekolah (MBS) berpengaruh terhadap pengembangan perpustakaan di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Pengembangan Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:53
Last Modified: 14 Jul 2017 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24804

Actions (login required)

View Item View Item