KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA

MABDULLAH UMAR, SPDI, NIM. 1520010074 (2017) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
1520010074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
1520010074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi dan persepsi terhadap pembelajaran bahasa Arab menghasilkan prestasi belajar bahasa arab yang baik. Namun pada kenyataanya, ada beberapa siswa yang kecerdasan emosional nya tinggi dan persepsinya positif namun prestasi belajarnya kurang baik. Karena itu perlu diadakan penelitian tentang seberapa besar pengaruh korelasi antara kecerdasan emosional dan persepsi belajar bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana tingkat kecerdaasan emosional siswa, persepsi siswa, bagaimana prestasi belajar, dan apakah ada korelasi antara kecerdaasan emosional dan persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dan menjadikan siswa kelas VIII sebagai subyek penelitian dengan 158 sampel yang dilakukan secara ditentukan peneliti (sampling purposive) dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis angket menunjukan 16 item angket kecerdasan emosi terbukti valid, 11 item angket persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas kecerdasan emosi menunjukan nilai kofesiensi sebesar 0.734 dan persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab sebesar 0.719 dan dinyatakan reliable, selanjutnya untuk mengukur prestasi belajar peneliti menggunakan nilai MID semester pembelajaran bahasa Arab, analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan: 1)Siswa MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta didapati bahwa tingkat kecerdasan emosional sebesar 74.32% dengan katagori Tinggi. 2) Persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab sebesar 79,99% dengan kategori Positif. 3) Prestasi Belajar Bahasa Arab sebesar 65.19% dengan katagori sedang. 4) kecerdasan emosional dan persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab memberikan pengaruh sebesar 54,4% terhadap prestasi belajar bahasa Arab di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta sedangkan 45,6% dipengaruhi varibel lain diluar variabel ini. Tingkat signifikasi yang didapat sebesar 0,000 0,005 maka dapat dikatakan sangat signifikan, yang artinya adanya korelasi yang signifikan diantara Kecerdasan Emosional dan Persepsi Siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dengan Prestasi Belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DR. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Persepsi Siswa, Prestasi Belajar dan Bahasa Arab.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Mar 2017 03:15
Last Modified: 29 Mar 2017 03:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item