PERAN KECERDASAN BAHASA GURU (VERBAL LINGUISTIK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SETS PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV SDIT DARUL FIKRI DAN MIN III TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA

KHOIRUN NISAK, NIM. 1220420004 (2017) PERAN KECERDASAN BAHASA GURU (VERBAL LINGUISTIK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SETS PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV SDIT DARUL FIKRI DAN MIN III TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERAN KECERDASAN BAHASA GURU (VERBAL LINGUISTIK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SETS PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV SDIT DARUL FIKRI DAN MIN III TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA)
1220420004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text (PERAN KECERDASAN BAHASA GURU (VERBAL LINGUISTIK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SETS PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV SDIT DARUL FIKRI DAN MIN III TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA)
1220420004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Kecerdasan guru dalam berbahasa (menggunakan, mengolah dan menyusun kata) ketika menyampaikan materi pada mata pelajaran SKI melalui pendekatan SETS, dan (2) Peran kecerdasan berbahasa guru dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Darul Fikri dan MIN III (Tiga) Tanjung Balai, dalam proses pembelajaran PAI mata pelajaran SKI. Penelitian ini meneliti pendekatan SETS dalam pembelajaran mata pelajaran SKI serta peran kecerdasan bahasa guru dalam proses belajar. Hal ini dilatarbelakangi karena peneliti melihat pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran SKI cenderung monoton dan membosankan. Untuk itu pemberian pendekatan yang tidak biasa, menarik untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran. Perkembangan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat merupakan suatu hal yang sudah sangat susah terpisahkan dari perkembangan kehidupan, pun kehidupan anak. Penelitian ini mengeksplorasi peran serta komponen-komponen tersebut dalam pembelajaran karena dekat dengan kehidupan peserta didik tetapi dengan pendekatan belajar yang baru. Tujuan penelitian ini untuk memahami pentingnya konsep kecerdasan bahasa yang diperlukan guru pada pembelajaran PAI bidang studi SKI dan melihat relevansi pendekatan SETS terhadap pembelajaran serta pengaruh hasil belajar siswa di SDIT Darul Fikri dan MIN III Tanjung Balai Sumatera Utara. Dengan memperhatikan aspek kecerdasan bahasa agar proses pembelajaran berjalan efektif dan efesien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa dilakukan dengan pengorganisasian, pengklasifikasian, mensitesakannya, mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting kemudian menguji keabsahan data serta menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru bidang studi SKI dan peserta didik kelas IV di SDIT Darul Fikri dan MIN III Kota Tanjung Balai, provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan pendekatan SETS terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik tidak jauh berbeda dari kelas yang tidak menggunakan pendekatan. (2) Upaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang studi SKI terhadap hasil belajar dengan hanya kecakapan/kecerdasan berbahasa saja terlihat peningkatan hasil belajar tanpa menggunakan pendekatan SETS. (3) Guru dengan tingkat kecerdasan bahasa yang tidak lebih baik dari guru yang memiliki kecerdasan bahasa menunjukkan hasil proses belajar tidak mengalami perkembangan yang signifikan walaupun menggunakan pendekatan SETS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Bahasa Guru, SETS (science, environment, technology, and society), PAI-SKI, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Mar 2017 10:49
Last Modified: 29 Mar 2017 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24811

Actions (login required)

View Item View Item