NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BAHAN AJAR KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK)

MOHAMMAD MOSADDIQ MA’AS SHUM, NIM. 1420410116 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BAHAN AJAR KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BAHAN AJAR KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK))
1420410116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BAHAN AJAR KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK))
1420410116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebuah karya tulis merupakan pernyataan dunia batin pengarang yang biasanya berupa gagasan, cita rasa, emosi, ide dan lain-lain. Idealnya, di dalam menciptakan karya tulis, seorang pengarang bukanlah menciptakan karya kosong yang tidak mencerminkan realitas, melainkan refleksi terhadap realita kehidupan. Naẓam Alfiyah Ibnu Mālik yang membicarakan tentang ilmu naḥwu dan ilmu şaraf yang tersusun dalam rangkaian 1000 (seribu) bait naẓam, ternyata mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang sangat lembut dan tersembunyi sehingga dibutuhkan sebuah analisis untuk menginterpretasikannya. Pendekatan hermeneutis diterapkan dalam upaya pemahaman teks pada penelitian ini dan konsep hermeneutika Paul Ricoeur diangkat sebagai pisau analisisnya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang tersirat dalam naẓam kitab Alfiyyah Ibnu Mālik, 2) Untuk mengetahui bagaimana makna interpretatif nilai-nilai pendidikan karakter tersebut berdasarkan konsep hermeneutika Paul Ricoeur, dan 3) Untuk mengetahui sejauh mana kontribusi nilai-nilai karakter dalam Alfiyyah tersebut terhadap pendidikan karakter versi pengembangan Kemendiknas. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, terungkapnya nilai-nilai pendidikan karakter dari bait-bait naẓam dalam kitab Alfiyyah yang terbagi dalam empat kategori, Nilai karakter beragama, yang berisikan keyakinan terhadap Allah dan kesadaran kelemahan sebagai manusia. Nilai karakter pribadi yang berisikan karakter mulia; rendah hati, pandai bersahabat, menyeru kebaikan, arif, tawakal, berusaha mandiri, kerja sama, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja keras. Nilai karakter bermasyarakat yang berisikan menghargai prestasi dan peka sosial. Nilai karakter bernegara yang berisi cerdas dalam memilih pemimpin, menjadi pemimpin yang adil, dan peduli lingkungan. Kedua, terlihat bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dari kitab Alfiyyah tersebut relevan dan dapat berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan karakter nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H Taufiq Ahmad Dardiri, SU
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Kitab Alfiyyah Ibnu Malik, Hermeneutik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Mar 2017 13:30
Last Modified: 29 Mar 2017 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum