PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LVE PADA MATERI PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEHIDUPAN DAN HASIL BELAJAR DI MI MA’ARIF CANDRAN

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LVE PADA MATERI PERISTI, NIM. 13.204.21036 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LVE PADA MATERI PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEHIDUPAN DAN HASIL BELAJAR DI MI MA’ARIF CANDRAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LVE PADA MATERI PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEHIDUPAN DAN HASIL BELAJAR DI MI MA’ARIF CANDRAN)
1320421036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LVE PADA MATERI PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEHIDUPAN DAN HASIL BELAJAR DI MI MA’ARIF CANDRAN)
1320421036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

kendala dalam meningkatkan nilai kehidupan dan hasil belajar karena metode yang digunakan bersifat konvensional. Buku pegangan guru dan peserta didik terbatas sehingga siswa cenderung hanya hafalan dari materi-materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi pada model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu analisis, desain, development, implementation dan evaluation. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi kimia, satu peer reviewer dan lima pendidik kimia. Uji coba produk dengan rincian enam peserta didik dan untuk uji coba efektifitas dilakukan kepada peserta didik kelas V MI Ma’arif Candran Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket menghidupkan nilai, dan tes soal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Living Value Education pada materi peristiwa alam untuk Meningkatkan Nilai Kehiduapan dan Hasil Belajar (2) mengetahui hasil validasi ahli materi, ahli media, per reviewer, dan pendidik terhadap pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis LVE Untuk Meningkatkan Nilai Kehiduapan dan Hasil Belajar; serta (3) mengetahui modul pembelajaran IPA berbasis LVE dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghidupkan nilai dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul pembelajaran berbasis LVE dengan kesesuaian penyajian materi, kurikulum, evaluasi, keterlaksanaan, kebahasaan, kejelasan kalimat serta penerapan LVE dengan kategori sangat baik serta dilihat aspek tampilan dan pemrograman dengan kategori sangat baik (2) modul pembelajaran berbasis LVE pada materi Peristiwa Alam di Indonesia yang telah dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi dan aspek media, dan hasil uji coba peserta didik; serta (3) terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran berbasis LVE dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rekomendasi untuk guru MI Ma’arif Candran diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam membuat modul pembelajaran berbasis LVE untuk meningkatkan nilai kehidupan dan hasil belajar. Perlu adanya training atau pelatihan khusus untuk lanjutan pembuatan modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, dan LVE
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Mar 2017 01:58
Last Modified: 30 Mar 2017 01:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24817

Actions (login required)

View Item View Item