PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (LIMA) DI MI MA’ARIF MAYAK PONOROGO

HAFIDZ ROSYIDIANA, NIM.1320422024 (2017) PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (LIMA) DI MI MA’ARIF MAYAK PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (LIMA) DI MI MA’ARIF MAYAK PONOROGO)
1320422024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (LIMA) DI MI MA’ARIF MAYAK PONOROGO)
1320422024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Seiring Berkembangnya dunia ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak/pengaruh terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu unsur-unsur penting dalam proses pendidikan yang meliputi sarana prasarana pendidikan haruslah mendapat perhatian yang serius. Penelitian ini berangkat dari latar belakang tentang keresahan peneliti tentang kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi yang mendorong pendidik untuk mengembangkan berbagai media pembelajaran baik audio, visual, maupun alat peraga yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, sehingga pendidikan yang ada di daerah pelosok-pelosok yang jarang diperhatikan oleh pemerintah dapat merasakan perkembangan teknologi tersebut. Di samping itu media yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) relatif monoton dan tidak variatif sehingga proses belajar mengajar menjadi membosankan dan kurang kundusif, bahkan tidak sedikit tujuan dari pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tidak tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui media yang digunakan dalam Pembelajaran IPA di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media lingkungan alam sekitar sekolah dalam pembelajaran IPA. 3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menjadi kendala dalam penggunaan lingkungan alam sekitar sekolah serta solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quesi eksperimen dengan menggunakan pre-test dan post-test, dengan populasinya adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Mayak Ponorogo. Teknik pengumpulan data kelas yang digunakan untuk menilai hasil pembelajaran teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Hasil Penilitian berdasarkan uji–t yang dilakukan oleh peneliti sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji t adalah 0,430 lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai IPA pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Rofah BSW,MA. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Media Lingkungan Alam, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:10
Last Modified: 30 Mar 2017 02:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24818

Actions (login required)

View Item View Item