PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK DI MIN PEMURUS DALAM BANJARMASIN

NURSYAHIDAH, SPDI, NIM. 1420420006 (2016) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK DI MIN PEMURUS DALAM BANJARMASIN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK DI MIN PEMURUS DALAM BANJARMASIN)
1420420006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK DI MIN PEMURUS DALAM BANJARMASIN)
1420420006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai permasalahan yang menyangkut berbagai kasus yang tidak sejalan dengan etika, moralitas, dan sopan santun. Perilaku tersebut menunjukkan rendahnya moral. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan dan penanaman nilai-nilai agama kurang berhasil membentuk moral yang terpuji. Oleh karena itu pendidikan serta pembelajaran saat ini tidak hanya terfokus pada pengembangan kognisi saja, tetapi juga dibarengi dengan pengembangan potensi dan kreativitas. Akidah Akhlak mempunyai peranan sebagai penanaman nilai-nilai moral peserta didik. Jika peserta didik tidak diajarkan Akhlak sejak dini ditakutkan kelak dewasa akan menjadi orang yang tidak bermoral. Hal tersebut direspon oleh MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan oleh guru dalam upaya meningkatkan nilai moral peserta didik. Cara meningkatkan nilai moral peserta didik adalah melalui dengan pembelajaran Akidah Akhlak yang ditanamkan oleh guru di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang mengambil latar di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yag terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulan bahwa, pengelolaan pembelajaran Akidah Akhlak telah dilakukan oleh guru dalam upaya meningkatkan nilai moral peserta didik di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek pendukungnya seperti guru yang berperan sebagai seorang perencana yang baik dalam pembelajaran Akidah Akhlak, metode pembelajaran yang tepat, pengelolaan pembelajaran yang baik (materi, kegiatan kelas, peserta didik, sumber). Cara meningkatkan nilai moral peserta didik, melalui pembelajaran Akidah Akhlak yang ditanamkan oleh guru di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Pengelolaan tersebut dimulai dari konsep penanaman nilai moral, yaitu tujuan pembentukan karakter siswa yang Islami, menumbuhkembangkan daya pikir, zikir, dan kreativitas. Sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al-Quran dan Assunnah. praktek nilai religiusitasnya adalah dalam bentuk keseharian seperti berdoa, shalat wajib dan sunnat, berwudhu, disiplin, dan berbakti kepada kedua orangtua). Kemudian nilai sosialitas, seperti keadilan, kejujuran, kemandirian, dan penghargaan terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran, nilai moral, Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:20
Last Modified: 30 Mar 2017 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24821

Actions (login required)

View Item View Item