EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA GUNA MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MA UMMATAN WASATHON IMOGIRI

RIANINGSIH, SPD, NIM. 1420410092 (2016) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA GUNA MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MA UMMATAN WASATHON IMOGIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA GUNA MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MA UMMATAN WASATHON IMOGIRI)
1420410092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA GUNA MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MA UMMATAN WASATHON IMOGIRI)
1420410092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kelompok realita guna mereduksi kejenuhan belajar siswa di MA Ummatan Wasathon Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pre-experimental design. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling berdasarkan skor skala kejenuhan belajar dengan kategori tinggi sejumlah lima siswa kelas X. Analisis data menggunakan uji T-Test. Pengumpulan data dengan menggunakan skala kejenuhan belajar, observasi, angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok realita efektif untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa MA Ummatan Wasathon Imogiri. Hal tersebut dapat dilihat dari out put perhitungan non parametrik nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,375 2,015. Berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara pereduksian kejenuhan belajar sebelum dan sesudah diberi tindakan. Setelah dicermati lebih lanjut pereduksian kejenuhan belajar diperoleh mean sebelum diberi tindakan konseling kelompok realita adalah 123,40 dan mean setelah diberi tindakan adalah 109,60. Hal tersebut menunjukkan adanya pereduksian kejenuhan belajar. Adapun konseling kelompok realita yang digunakan dengan identifikasi penyebab permasalahan, penyelesaian permasalahan dengan konseling kelompok realita strategi WDEP dan ada evaluasi dan tindak lanjut serta materi tentang berani bermimpi, man jadda wa jadda, manajemen waktu dan tingkatkan ibadah. Dengan adanya materi yang digunakan dalam konseling kelompok realita, sangat tepat untuk membantu siswa yang mengalami permasalahan belajar dengan memberikan intervensi kepada konseli tentang berfikir masa sekarang dan masa depan dengan mengabaikan masa lalunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Musthofa,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Konseling, Kelompok Realita, Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa, Ummatan Wasathon Imogiri.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:40
Last Modified: 30 Mar 2017 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum