RADIKALISME AGAMA DALAM FILM BUDDHA COLLAPSED OUT OF SHAME

M IMAMUL MUTTAQIN, NIM. 10540062 (2017) RADIKALISME AGAMA DALAM FILM BUDDHA COLLAPSED OUT OF SHAME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RADIKALISME AGAMA DALAM FILM BUDDHA COLLAPSED OUT OF SHAME)
10540062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RADIKALISME AGAMA DALAM FILM BUDDHA COLLAPSED OUT OF SHAME)
10540062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Dunia internasional begitupun pemerintah Indonesia menyepakati bahwa paham radikalisme agama ialah suatu hal yang harus ditanggulangi dan diberantas dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, menjadi masalah, ketika ada semacam stigma yang mengarah bahwa paham radikalisme agama berkembang dari dunia Islam yang terinspirasi oleh ajarannya, dan hal tersebut tidak ditelurusi dengan ketelitian dan kecermatan. Film menjadi wahana dialog atas dunia Islam dan wacana radikalisme agama, banyak kalangan pembuat film internasional ikut terlibat. Bermacam perspektif mewakili masing-masing pembuat dan capaian yang diinginkan dari filmnya, terlihat perbedaan antara pembuat film Barat dan Pembuat film Timur (yang mewakili dunianya sendiri). Karya ilmiah ini berusaha mengkaji film yang dibuat oleh kalangan pembuat film Timur, yaitu Buddha Collapsed Out of Shame yang diproduksi oleh Hana Makhmalbaf, sutradara Iran, yang dirilis tahun 2007. Pengkajian diarahkan pada pertanyaan, bagaimana penggambaran fenomena radikalisme agama dan faktor-faktor apa yang menjadi latar belakangnya dalam film tersebut. Film ini diamati dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengamatan struktur dan naskah cerita dilakukan dengan meminjam perspektif Goldman, demi menemukan homology (keterkaitan) dengan realitas sosial yang ada. Selanjutnya dilakukan pengolahan data yang didapat dalam film, kemudian dibahas dan dicocokkan dengan data dari hasil pengumpulan data-data literatur yang berhubungan. Dari kerja ini, dapat ditarik suatu kesesuaian antara bangunan cerita dan gambaran yang ada dalam film dengan realitas sosial yang menjadi latar belakang cerita film. Dari hasil pengamatan film dan penelusuran data literatur, penulis menguraikan secara diakronis radikalisme agama dalam konteks Afghanistan yang digambarkan dalam film. Bangunan struktur cerita dikaitkan dengan realitas sosial masa itu, sehingga didapat sebuah narasi diakronik bahwa radikalisme agama melenyapkan struktur sosial masyarakat yang plural dan toleran. Mengedepankan truth of claim dan melegalkan kekerasan. Radikalisme agama seringkali juga dipakai sebagai kedok dari kepentingan yang lain. Dari kajian ini juga, ditemukan tiga faktor signifikan yang menjadi latar belakang kemunculan kelompok berpaham radikalisme dalam film, pertama, kelompok radikalisme agama merupakan produk politik, yang diciptakan oleh pihak yang berkepentingan. Kedua, adanya kedangkalan dan kesempitan dalam memahami agama. Ketiga, adanya kepentingan ekonomi dan sikap oportunisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Adib Sofia, M. Hum
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:41
Last Modified: 30 Mar 2017 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum