PENGARUH NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN WARUNG KOPI (STUDI KASUS KARYAWAN MATO KOPI DI PRINGGOLAYAN, DABAG, CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)

ACH FAHRURROSI, NIM. 11540014 (2017) PENGARUH NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN WARUNG KOPI (STUDI KASUS KARYAWAN MATO KOPI DI PRINGGOLAYAN, DABAG, CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN WARUNG KOPI (STUDI KASUS KARYAWAN MATO KOPI DI PRINGGOLAYAN, DABAG, CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11540014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN WARUNG KOPI (STUDI KASUS KARYAWAN MATO KOPI DI PRINGGOLAYAN, DABAG, CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11540014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

Etos kerja merupakan kunci dari kesuksesan seseorang dalam dunia kerja, namun tidak menutup kemungkinan terjadi penyelewengan dalam menerapkan etos kerja tersebut, maka di sinilah perlu adanya nilai-nilai agama yang menjadi kontrol atas kegiatan kerja. Di samping itu, nilai-nilai agama bisa menjadi benih tumbuhnya etos kerja yang baik dalam diri individu atau suatu kelompok dalam masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh nilai-nilai agama terhadap etos kerja karyawan Mato Kopi di Condong Catur, Depok, Sleman yang menuai hasil bahwa nilai-nilai agama sangat mempengaruhi dalam membangun etos kerja yang baik. Sistem kepercayaan yang ditanam dalam etos kerja merupakan implementasi dari sifat Rasulullah yaitu siddiq (jujur) dapat penulis lihat dari sistem cara pemesanan dan pembayaran di Mato Kopi, serta bagaimana keinginan karyawan untuk mencari rezeki yang halal selain itu juga diharapkan untuk dijadikan syarat ibadah. Adapun tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai agama mempengaruhi etos kerja para karyawan Mato Kopi. Data penelitian diperoleh dengan observasi dan wawancara terencana. Wawancara dilakukan dengan wawancara langsung (face to face), atau wawancara tidak langsung (by phone). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karyawan Mato Kopi adalah penganut agama yang taat beribadah, mereka tidak pernah meninggalkan kewajiban shalat lima waktu. 2) Etos jerka karyawan Mato Kopi tidak lepas dari pengaruh agama yang berpegang teguh pada nilai agama yaitu kejujuran dalam bekerja, motivasi untuk mendapatkan rezeki yang halal dan mencari syarat untuk melakukan ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil Al Makin, MA,
Uncontrolled Keywords: Etos kerja, Nilai-Nilai Agama, dan Kejujuran
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:45
Last Modified: 30 Mar 2017 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum