GAYA HIDUP DAN POLA KEBERAGAMAAN KOMUNITAS SLANKERS MUSLIM DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PROFIL KOMUNITAS PEMBEBASAN SLANKERS JOGJAKARTA UIN SUNAN KALIJAGA)

FATHURROHIM, NIM. 12540035 (2017) GAYA HIDUP DAN POLA KEBERAGAMAAN KOMUNITAS SLANKERS MUSLIM DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PROFIL KOMUNITAS PEMBEBASAN SLANKERS JOGJAKARTA UIN SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA HIDUP DAN POLA KEBERAGAMAAN KOMUNITAS SLANKERS MUSLIM DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PROFIL KOMUNITAS PEMBEBASAN SLANKERS JOGJAKARTA UIN SUNAN KALIJAGA))
12540035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (GAYA HIDUP DAN POLA KEBERAGAMAAN KOMUNITAS SLANKERS MUSLIM DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PROFIL KOMUNITAS PEMBEBASAN SLANKERS JOGJAKARTA UIN SUNAN KALIJAGA))
12540035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunitas Slankers adalah suatu kelompok yang terbentuk untuk fans grup musik yang bernama Slank. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui simbol-simbol yang dibawa Slank, untuk mengetahui bentuk gaya hidup setelah tergabung dalam komunitas Pembebasan Slankers Jogjakarta UIN Sunan Kalijaga, dan untuk mengetahui pola keberagamaan komunitas Slankers Muslim. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah sebagai wadah untuk mengetahui bahwa di Kota Yogyakarta ada beberapa komunitas Slankers, salah satunya komunitas Pembebasan Slankers UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini berjudul "Gaya Hidup Dan Pola Keberagamaan Komunitas Slankers Muslim di kota Yogyakarta. Di era masyarakat modern, bagaimana seseorang menampilkan dirinya di hadapan orang lain, dan lingkungan sosialnya banyak dipengaruhi oleh gaya hidup. Tidak terkecuali seorang remaja yang sedang mencari jatidiri, gaya hidup yang mereka ekspresikan melalui apa yang dikenakannya, apa yang ia kosumsi, dan bagaimana ia bersikap atau berperilaku ketika ada dihadapan orang lain. Dan bagaimana pola keberagamaan dalam sebuah komunitas Slankers. Jenis penelitian skripsi ini adalah field research atau penelitian lapangan, metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian mengacu pada teori George Hebert Mead yaitu Interaksionisme Simbolik.Dalam pandangan interaksionis simbolis manusia bukan dilihat sebagai produk yang ditentukan oleh struktur atau situasi objektif, tetapi paling tidak sebagian, merupakan aktor-aktor yang bebas. Dari penelitian yang telah dilakukan ada beberapa simbol yang ditampilkan dalam bentuk logo, slogan, cover album, ideologi, dan lagu-lagu Slank. Gaya hidup yang diekspresikan oleh Slankers adalah perilaku Slank yang diikuti, pakaian atau fashion dalam yang positif dan baik yang mereka ikut ini Slankers itu sendiri diekspresikan dalam bentuk perilaku-perilaku Slank yang diikuti oleh Slank, pakaian dan fashion, budaya musik populer, dan tempat berkumpul komunitas. Untuk perilaku Slank yang diikuti oleh Slankers adalah hal-hal yang baik, bisa memotivasi mereka dalam berperilaku dan mereka praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk fashion sendiri gaya berpakaian yang slengan adalah ciri khas dan kebanggaan seorang Slankers. Menurut Slankers musik Slank itu enjoy, asik, dan menjiwai. Dan untuk tempat berkumpul sendiri tidak terlalu dipermasalahkan yang penting nyaman untuk mengobrol dan berdiskusi. Hasil penelitian tentang pola keberagamaan menemukan bahwa perilaku keagamaan komunitas Slankers dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: faktor kepribadian, faktor keluarga, faktor ilmu pengetahuan, faktor lingkungan institusional, dan faktor lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehada, S.Sos, M.Hum
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:52
Last Modified: 30 Mar 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum