PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AL-QUR’AN (PAQ) DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

BARIROTUS SA’ADAH, NIM. 1420420025 (2017) PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AL-QUR’AN (PAQ) DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AL-QUR’AN (PAQ) DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1420420025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AL-QUR’AN (PAQ) DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1420420025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ dan hasil belajar PAI terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ (X1) dan hasil belajar PAI (X2) dan satu variabel terikat yaitu religiusitas siswa (Y), penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik simple random sampling, metode penumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan uji asumsi klasik, yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier ganda yang meliputi uji simultan F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, tingkat motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ kelas V SD Masjid Syuhada termasuk kategori sangat baik, hasil belajar PAI kelas V Sd Masjid Syuhada juga dalam kategori sangat baik, dan tingkat religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada juga termasuk dalam kategori sangat baik. Kedua, motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ mempunyai pengaruh sebesar 39% terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta, ketiga hasil belajar PAI mempunyai pengaruh sebesar 4% terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta, keempat motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ dan Hasil belajar PAI mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap religiuaitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta sebesar 43%, jadi motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ dan hasil belajar PAI berpengaruh terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta sebesar 43% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi, ekstrakurikuler, Hasil belajar PAI, Religiusitas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Mar 2017 10:40
Last Modified: 30 Mar 2017 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum