PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMITE MADRASAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO

ARY MUKHLIS, NIM. 1420421013 (2017) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMITE MADRASAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMITE MADRASAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO)
1420421013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMITE MADRASAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN SINDUTAN TEMON KULON PROGO)
1420421013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini merupakan kajian tentang peran dan upaya kepala madrasah serta komite madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mendiskripsikan peran kepala madrasah dan komite madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MIN SindutanTemon Kulon Progo. Kedua, mengetahui upaya kepala madrasah dan komite madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di MIN Sindutan Temon Kulon Progo. Ketiga, mengetahui hasil dari upaya peningkatan mutu layanan pendidikan di MIN Sindutan. Keempat, mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan mutu layanan pendidikan di MIN Sindutan Temon Kulon Progo. Penelitian ini diorientasikan pada penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif non statistic sebagai upaya untuk menggambarkan gejala, peristiwa atau kejadian yang aktual pada objek. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data kepala madrasah, guru, karyawan, komite dan orang tua wali siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, peran kepala madrasah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator sudah sebagian besar terwujud, akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidkan. Kedua, upaya kepala madrasah dan komite madrasah untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan memberikan fasilitas sarana prasarana yang memadai. Ketiga, hasil dari upaya peningkatan mutu layanan pendidikan yakni diukur dari evaluasi secara formal maupun nonformal melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang semakin beragam, serta meningkatnya prestasi akademik peserta didik sehingga peserta didik dapat melanjutkan ke jenjang sekolah yang difavoritkan. Keempat, faktor pendukung dalam upaya ini yaitu: madrasah telah mendapatkan legalitas dengan memperoleh akreditasi A selama dua kali periode, adanya fasilitas yang memadai yang berbasis IT dan multimedia, peran orang tua dan ketulusan doa serta keihlasan orang tua menyekolahkan putra putrinya di madrasah tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: penggunaan sarana IT dan media madrasah kurang optimal, terdapat 10% guru yang belum menguasai IT dengan baik, 10 % guru yang kurang optimal dalam memanfaatkan prasarana serta kreativitasnya, latar belakang orang tua yang heterogen dari sisi ekonomi dan pendidikan sehingga mempengaruhi mindset nya pula dalam menyelasaikan permasalahan anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Peran Komite Madrasah, Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:21
Last Modified: 30 Mar 2017 04:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24841

Actions (login required)

View Item View Item