PERHITUNGAN CADANGAN MANGAN DARI SURVEI METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DESA KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

JUFRIYANTO, NIM. 11620040 (2017) PERHITUNGAN CADANGAN MANGAN DARI SURVEI METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DESA KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERHITUNGAN CADANGAN MANGAN DARI SURVEI METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DESA KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11620040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERHITUNGAN CADANGAN MANGAN DARI SURVEI METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DESA KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
11620040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian perhitungan cadangan mangan telah dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan daerah bekas ekplorasi dan ekploitasi mangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bawah permukaan, sebaran mangan, dan besarnya cadangan mangan daerah penelitian. Metode yang digunakan adalah metode Polarisasi Terinduksi dengan konfigurasi pengukuran adalah Dipole-dipole. Lintasan pengukuran sebanyak 5 lintasan dengan panjang lintasan (300) meter, spasi elektroda (20) meter, dan datum point (n=8). Alat yang digunakan adalah Syscal Jr Switch-48, dan software pengolahan data menggunakan software Res2Dinv3.54, dan Rockwork15. Hasil penelitian berdasarkan interpretasi data model 2D hasil inversi pengolahan data, mengindikasikan bahwa kondisi bawah permukaan terdiri dari satuan lempung dan lapukan gamping dengan nilai resistivitas lempung (40) Ωm, dan lapukan gamping (≥40) Ωm. Penyebaran mangan pada penelitian ini berada di nilai resistivitas (≥40) Ωm dan chargeabilitas (≥10) msec. Range nilai tersebut digunakan untuk data pemodelan 3D, dan diketahui volume mangan sebesar 228.000

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria, S.Si., M.T
Uncontrolled Keywords: Mangan, Polarisasi Terinduksi, Chargeabilitas, Resistivitas.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:56
Last Modified: 30 Mar 2017 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum