STRATEGI SOSIAL EKONOMI JANDA SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL DI KAMPUNG PANYARANG, DESA CIBURAYUT KECAMATAN CIGOMBONG, BOGOR

MEGA ARIESTA, NIM. 13540025 (2017) STRATEGI SOSIAL EKONOMI JANDA SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL DI KAMPUNG PANYARANG, DESA CIBURAYUT KECAMATAN CIGOMBONG, BOGOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI SOSIAL EKONOMI JANDA SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL DI KAMPUNG PANYARANG, DESA CIBURAYUT KECAMATAN CIGOMBONG, BOGOR)
13540025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI SOSIAL EKONOMI JANDA SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL DI KAMPUNG PANYARANG, DESA CIBURAYUT KECAMATAN CIGOMBONG, BOGOR)
13540025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang kehidupan sosial ekonomi para janda di Kampung Panyarang. Meskipun sebagian janda di Kampung Panyarang sebelumnya telah terbiasa membantu suami bekerja mencari nafkah, namun konstruksi sosial yang ada tidak menempatkannya sebagai pengambil keputusan utama. Kondisi itulah yang menyebabkan paska ditinggal suami, para janda harus menyesuaikan diri dengan kedudukan dan peran barunya sebagai kepala keluarga dan pengambil keputusan utama dalam kehidupan keluarga. Berdasarkan problem studi di atas, ada dua permasalahan utama yang menjadi fokus kajian ini, yaitu perubahan pola kehidupan sosial ekonomi dari rumah tangga janda dan strategi sosial ekonomi keluarga janda. Secara sosiologis, kajian tentang strategi sosial ekonomi keluarga janda ini dilakukan dengan menggunakan kerangka teori strategi adaptif (adaptive strategies) (Bennet, 1969) yang dipadukan dengan teori tindakan struktural-fungsionalisme Talcot Parson (2012). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menghasilkan data pengalaman hidup (life history) keluarga janda. Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber data primer diperoleh dari para informan dalam wawancara dan hasil pengamatan berpartisipasi. Adapun data sekunder diperoleh dari data dokumen tertulis dari lembaga dan foto serta hasil rekaman yang relevan dengan tema penelitian. Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara dan observasi. Peneliti tinggal pada salah satu keluarga janda di Kampung Panyarang, dan melakukan pengamatan terlibat untuk menghasilkan data pengalaman hidup keluarga-keluarga janda tersebut. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Proses analisis terdiri displai data, reduksi data, dan interpretasi data, kemudian menyusunnya dalam bahasa laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan pola hidup dari keluarga-keluarga di Kampung Panyarang setelah ditinggal suami. Pola interaksi keluarga luas (extended family) cenderung semakin erat, peran ibu menjadi kompleks, anak-anak menjadi mandiri dan membantu mencari nafkah, meski mereka harus mengorbankan pendidikannya. Para janda di Kampung Panyarang adalah perempuanperempuan aktif yang memiliki strategi untuk memenuhi kebutuhan keluarga setelah ditinggal suami. Kondisi yang baru pasca ditinggal suami membuat mereka harus memilih berbagai cara untuk melangsungkan kehidupan keluarga. Strategi yang dilakukan antara lain: bekerja secara lebih giat, melibatkan anak untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga, memanfaatkan solidaritas sosial keagamaan dengan orang tua, kerabat, dan juga tetangga di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehadha, S.Sos.M.Hum
Uncontrolled Keywords: Orang Tua Tunggal, Kepala Keluarga, Janda, Strategi Adaptasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:09
Last Modified: 31 Mar 2017 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum