HABITUS HAJI MADURA (STUDI TENTANG KONSTRUKSI SOSIAL HAJI DI DUSUN MANDALA DESA BUJUR TENGAH KECAMATAN BATU MARMAR KABUPATEN PAMEKASAN JAWA TIMUR)

MOH FATHOR ROSYID, NIM. 13540036 (2017) HABITUS HAJI MADURA (STUDI TENTANG KONSTRUKSI SOSIAL HAJI DI DUSUN MANDALA DESA BUJUR TENGAH KECAMATAN BATU MARMAR KABUPATEN PAMEKASAN JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HABITUS HAJI MADURA (STUDI TENTANG KONSTRUKSI SOSIAL HAJI DI DUSUN MANDALA DESA BUJUR TENGAH KECAMATAN BATU MARMAR KABUPATEN PAMEKASAN JAWA TIMUR))
13540036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HABITUS HAJI MADURA (STUDI TENTANG KONSTRUKSI SOSIAL HAJI DI DUSUN MANDALA DESA BUJUR TENGAH KECAMATAN BATU MARMAR KABUPATEN PAMEKASAN JAWA TIMUR))
13540036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada masyarakat Madura, khususnya masyarakat muslim Dusun Mandala, ibadah haji merupakan ibadah yang mampu menyedot cita-cita dan ambisi masyarakat untuk melakukannya. Ibadah yang dipandang mengandung beragam makna, fungsi dan nilai serta sebagai citra diri masyarakat. Melaksanakan ibadah haji dipandang sudah memiliki perbedaan, baik itu berupa citra diri, status sosial dan identitas diri dengan masyarakat yang belum melaksanakannya. Dalam dunia sosial, melaksanakan ibadah haji seakan menjadi ajang kontestasi untuk mendapatkan berbagai kepentingan dan juga pengakuan dalam dunia sosial masyarakat. Sebagai ibadah, ibadah haji seyogyanya wajib dilakukan bagi orang yang sudah mampu dalam berbagai hal, baik berupa jasmani, rohani dan juga materi. Dengan berbagai kepentingan tersebut yang kemudian termanifestasi pada konstruksi sosial mereka dalam praksis sosial masyarakat yang tidak pernah usai. Oleh karenanya, penelitian ini mengkaji konstruksi sosial dan simbolisasi para haji pasca melaksanakan ibadah haji. Penelitian ini bersifat kualitatif. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Data primer melalui teknik wawancara, observasi partisipasi dan dokumentasi serta interview secara mendalam. Data sekunder diperoleh dari sumbersumber lain yang medukung dan dianggap relevan dengan tema penulis, seperti buku, jurnal dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan Teori Habitus Pierre Bourdieu, dan data yang diperoleh dilapangan dikaji dengan menggunakan teknik deskriptifinterpretatif. Penelitian ini menemukan fakta yang terjadi di Dusun Mandala, bahwa para haji memiliki peran dan mendapatkan pengakuan, misal sebagai orang yang perlu dihormati, disegani, sebagai pemimpin shalat, dan orang yang dituakan dalam dunia sosial masyarakat. Pelaku haji dapat memberi dampak perubahan yang sangat signifikan atas dirinya dan juga masyarakat di lingkungannya, misal berubahnya nama asli dan keikutsertaan gelar haji bagi istri pelaku haji, meskipun istri mereka tidak ikut melaksanakannya ke tanah suci. Selain itu, dengan predikat haji mereka dapat mengukuhkan sebagai orang yang memiliki beragam modal, berupa modal sosial budaya, modal agama, dan modal ekonomi, serta sebagai orang yang memiliki perbedaan yang vital dengan masyarakat yang belum menyandangnya. Pun dengan modal dan simbol ibadah haji, para haji memiliki ruang (arena) bebas untuk masuk dalam ranah masyarakat, seperti simbol kopiah putih. Kopiah putih dijadikan sebagai modal untuk menjalankan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Dengan demikian, hampir seluruh masyarakat memiliki keinginan menyandang gelar yang mempesona serta simbol yang melekat dalam ibadah tersebut. Keinginan itu menjadi habitus (kebiasaan) yang mengakar secara terus menerus, bahkan menjelma dalam diri masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ibadah haji, gelar haji, konstruksi sosial, habitus, simbol dan prestise
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:13
Last Modified: 31 Mar 2017 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum