PEMIMPIN SETENGAH DEWA INDONESIA (STUDI RESPON MAHASISWA MUSLIM AKTIVIS UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP LAGU MANUSIA SETENGAH DEWA IWAN FALS)

UMMY MUFLIHAH, NIM. 13540052 (2017) PEMIMPIN SETENGAH DEWA INDONESIA (STUDI RESPON MAHASISWA MUSLIM AKTIVIS UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP LAGU MANUSIA SETENGAH DEWA IWAN FALS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIMPIN SETENGAH DEWA INDONESIA (STUDI RESPON MAHASISWA MUSLIM AKTIVIS UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP LAGU MANUSIA SETENGAH DEWA IWAN FALS))
13540052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMIMPIN SETENGAH DEWA INDONESIA (STUDI RESPON MAHASISWA MUSLIM AKTIVIS UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP LAGU MANUSIA SETENGAH DEWA IWAN FALS))
13540052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lagu dapat dijadikan media kritik terhadap sebuah permasalahan termasuk lagu Manusia Setengah Dewa dari Iwan Fals. Lagu ini menceritakan tentang keluh kesah dan idealitas dari Iwan Fals terhadap pemimpin, dalam hal ini Presiden. Berangkat dari sini, mahasiswa muslim aktivis UIN Sunan Kalijaga juga mempunyai konsep pemimpin yang dapat dikatakan sebagai Pemimpin Setengah Dewa Indonesia. Selain itu, terdapat nilai-nilai agama yang turut berpengaruh dalam terbentuknya konsep tersebut yang membedakan muslim aktivis dengan aktivis lainnya. Tujuan penelitian ini secara lebih luasnya untuk memilih atau menjadi seorang pemimpin yang sesuai dengan kebutuhan rakyatnya salah satunya seperti konsep yang telah mahasiswa muslim aktivis UIN Sunan Kalijaga sampaikan karena dalam kepemimpinan Indonesia saat masih banyak ditemui berbagai kasus pelanggaran hukum, korupsi, ketidakadilan, kebijakan yang merugikan rakyat dilakukan oleh pemimpin. Oleh karena itu, seorang pemimpin setengah dewa Indonesia tersebut diharapkan mampu mensejahterakan rakyatnya dan menjadikan Indonesia lebih baik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Data didapatkan dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya serta berdasarkan observasi dan wawancara dengan aktivis muslim dari PMII, KAMMI, HMI, dan IMM UIN Sunan Kalijaga. Teknik yang digunakan ialah Critical Discouse Analysis (CDA) atau analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk untuk membantu menganalisis kandungan lagu dan pendapat narasumber. Sedangkan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan G. R Terry untuk membantu menemukan konsep pemimpin setengah dewa Indonesia oleh mahasiswa aktivis muslim UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, teori tindakan sosial rasionalitas substantif Max Weber untuk menemukan pengaruh nilai agama yang membentuk konsep tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin setengah dewa ialah pemimpin yang idealnya dianggap baik berdasarkan kriteria: (1) adil, tegas dan bijaksana; (2) merakyat; (3) jujur dan amanah; (4) bermoral dan berakhlak; (5) beragama islam; dan (6) memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme. Berdasarkan kriteria tersebut, kepemimpinan demorkatis masih menjadi tipe kepemimpinan ideal di Indonesia. Selain itu, agama cukup berpengaruh dalam terbentuknya konsep tersebut dengan nilai siddiq, amanah, tabligh, dan fatonah yang didasarkan pada sifat Rasulullah SAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, S.S, M.Si
Uncontrolled Keywords: (1) adil, tegas dan bijaksana; (2) merakyat; (3) jujur dan amanah; (4) bermoral dan berakhlak; (5) beragama islam; dan (6) memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:16
Last Modified: 31 Mar 2017 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum