WANITA MUSLIM DAN KAPITALISASI (KAJIAN TERHADAP TIGA PEBISNIS WANITA MUSLIM DI YOGYAKARTA)

HAWATIRNA, NIM. 13540072 (2017) WANITA MUSLIM DAN KAPITALISASI (KAJIAN TERHADAP TIGA PEBISNIS WANITA MUSLIM DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WANITA MUSLIM DAN KAPITALISASI (KAJIAN TERHADAP TIGA PEBISNIS WANITA MUSLIM DI YOGYAKARTA))
13540072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (WANITA MUSLIM DAN KAPITALISASI (KAJIAN TERHADAP TIGA PEBISNIS WANITA MUSLIM DI YOGYAKARTA))
13540072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Agama dan kapitalisasi merupakan dua hal yang sangat dekat dalam kehidupan manusia. Telah banyak studi dan penelitian yang menjelaskan bahwa agama menjadi salah satu faktor yang melahirkan semangat kapitalisme dan semangat bekerja. Berbeda dengan hal tersebut, penelitian ini menjelaskan secara jelas nilai agama yang seperti apa yang menjadi faktor lahirnya semangat kapitalisme dan semangat bekerja. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa agama tidak hanya menjadi alasan yang melahirkan semangat bekerja, akan tetapi agama juga menjadi tujuan. Jadi, seorang individu semangat dalam bekerja dan melakukan kapitalisasi tidak hanya karena faktor agama, akan tetapi mereka bekerja untuk kepentingan agama dan menyempurnakan agamanya. Kajian dalam penelitian ini adalah ketiga pebisnis wanita muslim di Yogyakarta, yaitu Noor Liesnani Pamella, Supriyati dan S. Elita Barbara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan atau motif terkuat pebisnis wanita muslim di Yogyakarta semangat dalam bekerja dan rasionalitas di balik tindakan para pebisnis tersebut dalam melengkapi dirinya sebagai wanita muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif, yakni data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial oleh Max Weber untuk menjelaskan motif terkuat pebisnis wanita muslim di Yogyakarta semangat dalam bekerja dan teori rasionalitas oleh Max Weber untuk menjelaskan bentuk-bentuk rasionalitas di balik tindakan pebisnis wanita muslim di Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mereka semangat dalam bekerja dan berbisnis. Tindakan yang paling dominan dalam tindakan ketiga pebisnis wanita muslim di Yogyakarta Tindakan yang berorientasi pada nilai, yaitu nilai dalam agama Islam seperti perintah membayar zakat, perintah haji, bersedekah, berdakwah dan mencari rezeki yang halal. Sedangkan rasionalitas di balik tindakan pebisnis wanita muslim di Yogyakarta dapat dikelompokkan menjadi empat tipe. Pertama, rasionalitas praktis yang berdasarkan pada pertimbangan rasional mereka yang lebih memilih untuk bekerja dan berbisnis. Kedua, rasionalitas teoretis yang berdasarkan pada pengalaman mereka sebelum berbisnis. Ketiga, rasionalitas substantif dapat dilihat dari tujuan mereka bekerja dan berbisnis untuk kepentingan suatu nilai tertentu yaitu ajaran dan nilai dalam agama Islam. Keempat, rasionalitas formal dapat dilihat dari cara dan sistem dalam usaha dan bisnis mereka yang berdasarkan sistem ekonomi kapilistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar ahmad, S.S. M.Si
Uncontrolled Keywords: Agama, Kapitalisasi, Tindakan Sosial, Rasionalitas
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:24
Last Modified: 31 Mar 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum