ANALISIS PENGARUH PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BPRS DI KABUPATEN BANYUMAS

MUADZ ABDIL MUTA’ALI, NIM. 13810015 (2017) ANALISIS PENGARUH PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BPRS DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BPRS DI KABUPATEN BANYUMAS)
13810015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BPRS DI KABUPATEN BANYUMAS)
13810015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

UMKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah, termasuk pada Kabupaten Banyumas. Badan Pusat Statistika (BPS) mencatat Kabupaten Banyumas memiliki perkembangan ekonomi yang didominasi oleh UMKM dalam tiga tahun belakangan, salah satu yang mendominasi adalah industri pengolahan, pada tahun 2013 memiliki kontribusi sebesar (22.16%) kemudian selalu meningkat pada tahun 2014 (23.38%) dan pada tahun 2015 (23.85%), namun kebanyakan dari para pengusaha UMKM memiliki masalah yang sama yaitu permodalan. Disisi lain, perbankan syariah di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, pada Provinsi Jawa Tengah mengalami pengingkatan dari 24 menjadi 25. Kabupaten Banyumas terdapat tiga BPRS yaitu BPRS Arta Leksana, BPRS Bina Amnah Satria, dan BPRS Khasanah Ummat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran lembaga keuangan mikro syariah terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada BPRS di Kabupaten Banyumas. Objek penelitiannya yaitu usaha mikro yang menjadi anggota BPRS dengan sampel sebanyak 70 menggunakan Random Sampling. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji ananlisis regresi liner sederhana. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel tenaga kerja ditolak dikarenakan tidak memenuhi goodness of fit, sedangkan variabel pendapatan dan diversifikasi produk diterima dikarenakan memenuhi syarat goodness of fit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: JAUHAR FARADIS, S.H.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: UMKM, BPRS, Pembiayaan, Tenaga Kerja, Pendapatan, Diversifikasi Produk
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2017 15:35
Last Modified: 04 Apr 2017 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item View Item