IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN POTENSI KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (P2KSM) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO)

DYAH AYU RETNO PALUPI, NIM. 13810026 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN POTENSI KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (P2KSM) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN POTENSI KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (P2KSM) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO))
13810026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN POTENSI KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (P2KSM) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO))
13810026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi P2KSM terhadap kemiskinan di Kabupaten Purworejo yang diukur dengan menggunakan indikator produksi, tenaga kerja dan pendapatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif-kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian yaitu anggota P2KSM di Kecamatan Grabag dengan jumlah 140 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling yang dihitung menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 58 responden yang diteliti. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pada analisis kuantitatif metode yang digunakan adalah dengan menggunakan Uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah adanya program P2KSM. Sedangakan pada analisis kualitatif yaitu untuk melihat bagaimana pandangan ekonomi syariah melihat fasilitas pendampingan pada program P2KSM dengan metode yang digunakan adalah kaidah darurah. Hasil penelitian Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa program P2KSM berpengaruh signifikan atas perubahan produksi, tenaga kerja dan pendapatan sebelum dan sesudah adanya program P2KSM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program P2KSM terbukti mampu mengentaskan angka kemiskinan di Kecamatan Grabag. Sedangkan hasil penelitian kualitatif, karena di Kabupaten Purworejo fasilitas pendampingan saat ini hanya dilakukan oleh program P2KSM maka hal tersebut diperbolehkan karena darurah. Karena apabila para pengusaha mikro dan kecil tidak mendapatkan pendampingan usaha dikhawatirkan modalnya bertambah namun tidak dapat mengembangkan usahanya serta dikhawatirkan akan ada kesulitan karena kesulitan tersebut akan berakibat fatal yang terjadi dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: JAUHAR FARADIS, S.H.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, P2KSM, Produksi, Tenaga Kerja, Pendapatan, Darurah
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2017 15:35
Last Modified: 04 Apr 2017 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24896

Actions (login required)

View Item View Item