STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (Studi Kasus BAZNAS Kota Yogyakarta)

QONI’ATUR ROHMATILLAH, NIM. 13810032 (2017) STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (Studi Kasus BAZNAS Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (Studi Kasus BAZNAS Kota Yogyakarta))
13810032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (Studi Kasus BAZNAS Kota Yogyakarta))
13810032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) menjadi instrumen yang sangat solutif terhadap perekonomian masyarakat. Selain itu ZIS memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya pengentasan kemiskinan. Hal ini dikarenakan ZIS merupakan sarana penyucian jiwa dan harta, cara pemanfaatannya didasarkan pada fungsi sosialnya bagi kepentingan masyarakat yang menyentuh kalangan miskin maupun kaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui lembaga amil zakat nasional kota Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif-kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian yaitu mustahik yang tergabung dalam program pemberdayaan ekonomi dengan sample penelitian menggunakan teknik random sampling sebanyak 55 mustahik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Teknik analisis kualitatif menggunakan Analisis SWOT, analisis ini digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman lembaga. Selain itu, Analisis SWOT digunakan untuk menetapkan strategi yang cocok demi kelangsungan hidup lembaga. Sedangkan analisis Kuantitatif menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Uji Wilcoxon digunakan untuk mengetahui perbedaan pendapatan dan modal, sebelum dan sesudah adanya program pemberdayaan. Hasil penelitian Analisis SWOT menunjukkan bahwa Baznas Kota Yogyakarta menempati kuadran II (diversifikasi). Hasil penelitian Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa program pemberdayaan ekonomi masyarakat mempunyai perbedaan pendapatan dan modal mustahik sebelum dan sesudah adanya pemberdayaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini terbukti mampu meningkatkan ekonomi mustahik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: JAUHAR FARADIS, S.H.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan, Pendapatan, dan Modal
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2017 09:11
Last Modified: 04 Apr 2017 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24898

Actions (login required)

View Item View Item